Insight

3 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Aman dan Menguntungkan

By July 12, 2021No Comments

Saat ini investasi mulai banyak diminati orang-orang, mulai dari anak muda hingga mereka yang telah berkeluarga. Bagaimana tidak, dengan berinvestasi kita dapat mengoptimalkan penghasilan kita dan merupakan cara lain untuk menjamin kondisi keuangan di masa yang akan datang.

Namun apa jenis investasi yang cocok untuk dijalankan oleh pemula? Sebagai informasi, investasi terbagi tiga jenis berdasarkan jangka waktunya. Investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. 

Investasi jangka panjang umumnya untuk batas waktu lebih dari 10 tahun, sehingga cocok ditujukan untuk hari tua nantinya. Kemudian jangka menengah dilakukan dalam rentang waktu 1-5 tahun, dan jangka pendek dilakukan dalam waktu kurang dari 1 tahun. 

Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek

 

  • Reksa Dana

Reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi jangka pendek yang sering menjadi opsi untuk investor pemula, sebab investor tidak perlu memikirkan strategi dan juga cara mengelolanya karena dana dari investor akan dikelola oleh manajer keuangan.

Baca Juga :  Penting, Pahami Pengertian Kepuasan Pelanggan dan Manfaatnya

Ada banyak jenis reksa dana yang bisa Anda pilih, namun tidak semuanya dapat dikelola dengan jangka pendek karena memiliki resiko yang tinggi. Umumnya jenis reksa dana yang dapat dikelola dalam jangka pendek dan juga minim resiko adalah reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap.

  • Deposito

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi jangka pendek yang dapat ditemui hampir di semua bank, dengan cara menyetorkan sejumlah dana dan mencairkannya dalam periode yang singkat, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 2 tahun tergantung kebutuhan Anda. Jangka waktu tersebut pun masih dapat diperpanjang.

Hanya saja, meski periode waktu tersebut terbilang singkat, namun dana deposito hanya dapat dicairkan pada tanggal jatuh tempo. 

  • Fintech Peer-to-peer (P2P) Lending

P2P Lending yakni produk investasi terbaru untuk investor dengan memberi pinjaman dana pada UMKM Indonesia melalui jasa teknologi finansial. Keuntungan yang didapat berupa suku bunga pinjaman dengan besaran tertentu, bahkan hingga belasan persen per tahun. 

Baca Juga :  Tips Menghindari Kesalahan Yang Sering Dilakukan Investor Pemula

Walau keuntungan yang akan diperoleh cukup besar, namun P2P Lending memiliki resiko yang tinggi karena dana yang dikelola UMKM dapat berpotensi rugi. Maka dari itu Anda harus menerapkan sistem scoring yang baik sebelum memutuskan untuk memberi pinjaman dana.

Demikian tadi informasi mengenai 3 jenis investasi jangka pendek yang aman dan menguntungkan untuk pemula. Bila Anda ingin memulai investasi dengan resiko kecil namun mendapatkan keuntungan besar, investasi jangka pendek bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Jika Anda ingin mendapatkan pendanaan, Xaham.id yang merupakan jasa finansial teknologi dapat membantu Anda untuk melakukan transaksi jual beli saham secara elektronik. Tak hanya itu, Xaham.id juga menjadi penghubung antara Anda dan pemodal. Tidak perlu khawatir, Xaham.id sudah berada di bawah peraturan OJK (POJK.57/2020) sehingga aman dan dapat diandalkan.

Leave a Reply