Insight

Begini Contoh Rencana Strategis Organisasi

By April 7, 2023April 27th, 2023No Comments
Begini Contoh Rencana Strategis Organisasi

Rencana strategis dalam organisasi akan menguraikan prioritas terpenting organisasi Anda. Dan memastikan semua orang, mulai dari dewan, kepemimpinan, hingga staf Anda, akan memiliki pemahaman yang sama tentang misi, visi, nilai, dan prioritas terpenting organisasi Anda.

Jadi, seperti apa contoh rencana strategis organisasi yang baik? Pada dasarnya, rencana strategis terdiri dari tiga faktor penting:

Taktik

Ini adalah faktor penting dalam perencanaan strategi organisasi karena taktik berisi tugas-tugas yang harus dilakukan secara individu

Misalnya, jika Anda memiliki strategi kepuasan klien yang berfokus pada acara klien tahunan. Maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar acara tersebut dapat terlaksana.

Sehingga biasanya taktik mencakup tanggal jatuh tempo, kiriman, dan akan ditugaskan kepada orang-orang tertentu agar dapat tereksekusi dengan baik.

Baca Juga :  Kolaborasi BTS MCD, Strategi Bisnis Renyah yang Wajib Dicontoh!

Jadi, inilah pentingnya taktik dalam rencana strategis organisasi.

Strategi

Strategi adalah rencana tindakan yang Anda terapkan untuk mencapai tujuan.

Dalam contoh ini, strategi acara klien dirancang untuk meningkatkan kepuasan klien secara keseluruhan. Anda mungkin memiliki strategi tambahan untuk meningkatkan kepuasan klien, dan masing-masing dari strategi lain ini akan memiliki kumpulan taktik juga.

Tujuan

Ada target dan tujuan yang terukur dalam perencanaan strategis karena hal ini penting untuk menjawab pertanyaan seberapa banyak, kapan, dan bagaimana caranya.

Tujuan termasuk kinerja dasar, target kinerja, dan tanggal tetap untuk mencapai tujuan. Setiap contoh rencana strategis organisasi harus menyertakan tujuan, karena merupakan dasar perencanaan.

Dalam contoh ini, misalnya, tujuan Anda adalah meningkatkan kepuasan klien dari 82% menjadi 90% pada tanggal 31 Oktober. Dan selanjutnya, cara Anda mencapainya adalah urusan strategi dan taktik.

Baca Juga :  Cari Tahu Proses Penyusunan Rencana Strategis Di Sini!

Lalu, rencana strategis organisasi memiliki enam elemen penting:

  1. Pembahasan Organisasi
  2. Identifikasi Masalah Organisasi
  3. Analisis Sebab Akibat dalam Organisasi
  4. Perancangan Matriks Perencanaan Program
  5. Penyusunan Program Kerja
  6. Monitoring dan Evaluasi

Dan untuk format contoh rencana strategis organisasi dapat Anda simak di bawah ini.

BOOK HUNTER FOR KIDS (CONTOH NAMA PROGRAM)MATRIKS PERENCANAAN PROGRAMJANGKA WAKTU
Tujuan ProgramIndikatorAsumsiRisiko
Meningkatkan kesadaran untuk membaca buku bagi anak-anak sejak dini.Meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan pihak eksternal.Bertemu lebih banyak klien.Sebanyak 30 anak per bulan diajak untuk berkeliling, membaca, dan membeli buku di toko buku serta perpustakaan.Lebih banyak orang yang tahu tentang organisasi dan program kami.  
Hasil (Output)Anak-anak menjadi aware dengan kegiatan membaca.Anak-anak jadi suka membaca.Anak-anak suka membaca buku hanya karena ada ajakan. 

Itulah contoh rencana strategis organisasi sederhana. Setiap organisasi memiliki kepentingan yang berbeda dan rencana strategis yang berbeda pula. Tinggal menentukan sesuai visi dan misi saja. Anda dapat mengunjungi https://xaham.id/blog/ untuk membaca artikel-artikel menarik seputar bisnis, pemasaran, penjualan, dan lainnya.

Leave a Reply