Insight

Pilih Mana? Investasi Rumah atau Apartemen?

By July 16, 2021No Comments

Properti merupakan salah satu instrumen investasi yang minim risiko bila dibandingkan dengan instrumen lainnya seperti obligasi atau saham. Selain untuk jangka panjang, properti  seperti rumah dan apartemen juga cocok dijadikan investasi jangka pendek. Bila Anda juga tertarik memiliki rumah atau apartemen, yuk ketahui untung rugi dua jenis investasi ini. 

  • Investasi Rumah

Rumah merupkan instrumen investasi yang sudah populer sejak zaman dulu. Salah satu keuntungan saat berinvestasi rumah adalah bisa mendapatkan capital gain yang besar. Tiap tahunnya, harga rumah selalu meningkat 10-15 persen. Semakin strategis lokasi properti, maka kenaikan harga per tahunnya pun semakin besar. Kenaikan harga per tahun ini membuat rumah juga bisa menjadi investasi jangka pendek

Karena rumah dibangun pada area yang lebih luas, Anda bisa melakukan renovasi untuk menarik calon pembeli. Misalnya menambahkan jumlah kamar atau area taman. 

Baca Juga :  Kolaborasi BTS MCD, Strategi Bisnis Renyah yang Wajib Dicontoh!

Bila tak ingin menjual, rumah juga bisa disewakan dan Anda bisa mendapatkan penghasilan rutin bulanan atau tahunan. Namun, penyusutan bangunan rumah cukup tinggi dan bisa mencapai 10% tiap tahunnya sehingga Anda perlu biaya besar untuk renovasi. Belum lagi biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk membayar keamanan, kebersihan hingga perawatan rumah. 

  • Apartemen

Salah satu keunggulan untuk investasi apartemen adalah harganya yang lebih murah dari rumah. Apartemen tipe studio memiliki harga lebih rendah dibandingkan rumah standar tipe 45. Investasi apartemen ini sangat cocok bagi kaum milenial yang belum memiliki cukup uang untuk membeli rumah sendiri. 

Lokasi apartemen umumnya berada di tengah kota atau dekat dengan pusat perkantoran dan pendidikan sehingga pasti akan selalu ada peminat. Tak hanya itu, apartemen biasanya telah dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti gym atau laundry sehingga calon penyewa lebih tertarik. 

Baca Juga :  Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Investasi Obligasi

Sewa apartemen bisa menjadi investasi jangka pendek yang menggiurkan lantaran kenaikan harga sewa apartemen jauh lebih tinggi daripada sewa rumah.  Sayangnya, memiliki saat memiliki Anda tidak bisa menambah luas area lagi. Selain itu, unit Anda bisa mendapatkan efek kerusakan dari unit yang berada di sekitar. 

Dengan pertimbangan untung rugi kedua jenis properti ini, putuskanlah apakah rumah atau apartemen yang cocok dengan tujuan investasi Anda. Jadi pilih yang mana

Leave a Reply