Investasi

3 Cara Dapat Modal Usaha Tanpa Setor Jaminan

By March 8, 2023March 13th, 2023No Comments
3 Cara Dapat Modal Usaha Tanpa Setor Jaminan

Seorang pebisnis harus mempertimbangkan betul bagaimana cara dapat modal usaha, karena ada banyak sekali risiko yang harus dihadapinya. Seperti persaingan ketat dengan kompetitor, potensi usaha mandek, atau kondisi tak terduga lainnya.

Salah satu cara pebisnis untuk mendapatkan modalnya adalah melalui pendanaan dari orang lain, seperti pinjaman. Cara ini dipilih agar dapat mengembangkan bisnis dengan cepat, tetapi biasanya harus menyertakan jaminan atau agunan. 

Apakah tidak ada pendanaan tanpa harus menyertakan jaminan?

3 Cara Dapat Modal Usaha Tanpa Jaminan

Ada risiko besar yang harus dihadapi ketika memberikan jaminan, yaitu ketika gagal bayar maka jaminannya bisa diambil oleh pemberi dana. Tidak sedikit cerita, orang rumahnya disita karena gagal bayar hutang. Tetapi tenang, tidak semua pinjaman perlu jaminan, apa saja?

Baca Juga :  4 Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Bagi Investor

1.    Peer to Peer Lending

Peer to peer lending adalah model pendanaan yang melibatkan platform fintek. Platform tersebut membantu mempertemukan pendana dengan pemilik usaha. Sistemnya sederhana, pemilik usaha akan mengajukan pinjaman.

Banyak pendana akan mereview, jika tertarik akan mendanai bisnisnya sesuai dengan kemampuannya. Setelah terkumpul sekian persen pemilik usaha bisa mencairkannya. Tidak perlu jaminan, tetapi harus membayar tepat waktu sesuai dengan perjanjian.

2.    Pendanaan dari Konsumen

Ini adalah cara dapat modal usaha gratis, tidak ada kewajiban mengembalikan atau tanggungan hutang. Model bisnis seperti pre-order dan dropship paling pas menggunakan sistem ini. Jasa custom juga bisa menggunakan model pendanaan ini.

Sistem pendanaan ini cara kerjanya adalah meminta pembayaran (bisa sebagian atau penuh) kepada konsumen. Setelah berselang beberapa waktu, pemilik bisnis akan memberikan barang pesanan dari pelanggan. Untuk bisa pakai teknik ini, harus dipercaya terlebih dahulu.

Baca Juga :  Simak! Keunggulan Saham Dibanding Produk Investasi Lain

3.    Menawarkan Profit/Share

Sistem ini sangat banyak digunakan oleh pebisnis, terutama yang tak ingin mengambil pinjaman. Sistemnya tidak jauh berbeda dari investasi, yaitu pemilik bisnis akan membagikan keuntungan kepada pendana sesuai dengan porsi yang telah disepakati.

Model semacam ini sangat menguntungkan, tetapi apabila bisnisnya sedang menghadapi hambatan, bisa berdampak fatal. Karena model share profit semacam ini, pendana bisa meminta pengembalian uang kapan saja. Beragam cara bisa dikembangkan untuk mendapatkan modal usaha. Bahkan ada cara dapat modal usaha tanpa harus memberikan jaminan, sehingga pebisnis bisa fokus mengembangkan usahanya tanpa takut asetnya disita.

Leave a Reply