Investasi

3 Keuntungan Investasi Syariah

By March 10, 2023March 13th, 2023No Comments
3 Keuntungan Investasi Syariah

Anda ingin berinvestasi, namun takut riba? Tenang, sekarang ada yang namanya investasi syariah. Dengan mengikuti investasi ini, Anda akan tetap mendapat imbal hasil dengan masih berlandaskan prinsip-prinsip syariah Islam. Yuk, cari tahu lebih jauh!

Mengenal Lebih Dekat Investasi Syariah

Sesuai dengan namanya, investasi ini memakai dasar dan prinsip sesuai syariah Islam selama proses transaksi. Oleh karena itu, pilihan sektor pasar modalnya pun terbatas hanya pada produk-produk halal saja.

Selain itu, produk investasi syariah di Indonesia pun punya peraturannya tersendiri yang diterbitkan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN). Jadi, Anda tak perlu khawatir karena ada landasan hukum yang jelas mengenai hal ini.

Baca Juga :  Pemula Wajib Tahu, Saham Gorengan vs Saham Blue Chip

Dengan penerbitan peraturan dari DSN tersebut, transaksi investasi Anda akan lebih terjamin manfaatnya dan terhindar dari unsur riba, gharar, maupun maysir.

Nah, beberapa contoh investasi syariah yang dapat Anda ikuti adalah saham syariah, obligasi syariah (sukuk), dan reksadana syariah. Ketiganya memiliki cara kerja dan keuntungannya masing-masing, namun tetap berlandaskan prinsip syariah.

3 Keuntungan Investasi Syariah

Jika Anda bandingkan investasi ini dengan investasi konvensional, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut beberapa keuntungannya:

  1. Terhindar dari Riba

Hukum riba dalam Islam adalah haram. Nah, di sini, prinsip investasi yang akan Anda gunakan selalu berlandaskan prinsip dan dasar hukum syariah Islam. Oleh karena itu, dengan melakukan investasi berbasis syariah, Anda akan terhindar dari riba.

  1. Tidak Menomorsatukan Keuntungan
Baca Juga :  Bagaimana Memprediksi Saham Mana yang Akan Naik? Ini Caranya

Investasi dengan basis syariah cenderung fokus kepada prinsip serta dasar hukum syariah Islam. Jadi, keuntungan bukanlah fokus utamanya. Maka dari itu, investasi ini pun menjadi lebih minim risiko jika Anda bandingkan dengan investasi konvensional.

  1. Halal dan Sesuai Syariat

Pada dasarnya, seluruh kegiatan investasi ini berlandaskan pada hukum Islam serta peraturan dan fatwa yang telah DSN tetapkan. Jadi, seluruh transaksi terjamin kehalalannya karena manajemennya pun berlandaskan syariat agama Islam. Tertarik untuk mencoba investasi syariah? Gabung bersama xaham.id sekarang juga untuk proses investasi lebih mudah dan jelas.

Leave a Reply