Investasi

3 Perbedaan Dasar Antara Investasi Saham dan Trading

By March 7, 2023March 28th, 2023No Comments
3 Perbedaan Dasar Antara Investasi Saham dan Trading

Banyak orang awam yang baru terjun ke dunia investasi menyamakan antara investasi saham dan trading. Padahal keduanya mempunyai perbedaan yang sangat mendasar.

Antara investasi dan trading hanya mempunyai satu kesamaan yaitu sama-sama bertujuan mencari keuntungan. Keduanya saat ini menjadi trending karena bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Untuk lebih memahaminya berikut ini adalah perbedaan trading dan investasi saham yang perlu Anda ketahui.

  1. Prinsip dan Strategi Menjalankannya

Perbedaan yang paling utama antara investasi dan trading adalah prinsip dan strategi yang digunakan. Prinsip yang dipakai dalam investasi adalah buy and hold, artinya Anda membeli saham kemudian menahannya atau mengembangkannya.

Berbeda dengan trading, prinsip dalam melakukan trading adalah buy and sell. Artinya Anda membeli saham kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga :  Apa saja Saham Hari ini yang Menguntungkan untuk Dibeli?

Strategi yang untuk melakukan investasi dan trading juga berbeda. Dalam investasi Anda harus memilih perusahaan yang mempunyai fundamental baik dan sehat. Sedangkan saat trading Anda harus membeli saham yang mempunyai potensi harga naik.

  1. Jangka Waktu

Perbedaan antara investasi dan trading yang selanjutnya adalah jangka waktu. Jangka waktu berinvestasi minimal adalah 1 tahun. Setelah 1 tahun keuntungan dari investasi baru bisa Anda ambil.

Sedangkan jangka waktu trading bisa dalam hitungan menit bahkan detik. Hal ini karena Anda membeli saham kemudian menjualnya agar mendapatkan keuntungan.

  1. Risiko yang Mungkin Didapatkan

Investasi dan trading juga mempunyai perbedaan dalam risiko yang mungkin didapatkan. Risiko berinvestasi adalah ketika Anda ingin menjual saham dan tidak ada yang membelinya. Ada juga risiko lainnya yaitu ketika saham Anda hanya bisa terjual sebagian saja.

Baca Juga :  Penting Bagi Investor: Ini Cara Investasi Saham di Amerika

Dalam trading resiko yang akan Anda dapatkan adalah ketika harga jual lebih rendah daripada harga beli. Jika hal ini terjadi maka Anda akan mengalami kerugian.

Sekarang sudah paham bukan jika trading dan investasi adalah dua hal yang berbeda. Walaupun keduanya menjanjikan keuntungan yang besar tapi tetap saja proses dan prinsip dalam menjalankannya berbeda.

Anda yang ingin menikmati keuntungan jangka panjang sangat disarankan untuk memilih investasi saham. Bagi pemula bisa belajar dan melakukan investasi dengan mudah di xaham.id. Lakukan investasi sekarang untuk menjamin masa depan Anda.

Leave a Reply