Investasi

4 Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Bagi Investor

By March 6, 2023No Comments
4 Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Bagi Investor

Dalam melakukan investasi saham, Anda bisa melakukan investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Investasi saham jangka panjang merupakan investasi yang membutuhkan waktu lama untuk memperoleh keuntungan. 

Membutuhkan waktu yang lama, mengapa investasi jangka panjang merupakan pilihan investasi yang tepat? Berikut ini adalah beberapa keunggulannya. 

  1. Mendapatkan Penghasilan Tetap 

Keunggulan pertama melakukan investasi jangka panjang pada saham ialah mendapatkan penghasilan tetap. 

Terdapat dua jenis return yang ada pada transaksi saham yakni capital gain dan dividen. Dividen merupakan pembagian profit yang dilakukan oleh perusahaan kepada investornya. 

Pembagian dividen ini termasuk salah satu agenda tetap untuk beberapa perusahaan, sehingga investor bisa merasakan keuntungan dari operasional perusahaan secara tetap.

  1. Volatilitas Lebih Rendah 
Baca Juga :  3 Jenis Investasi untuk Jangka Waktu 2 Tahun Aman Pemula

Investasi jangka panjang yang menguntungkan ialah saham karena memiliki volatilitas lebih rendah. Semakin besar volatilitas maka akan semakin besar risiko investasi tersebut. 

Jika Anda memegang saham dalam waktu yang lebih lama, maka Anda bisa melewati kondisi saat pasar sedang tidak baik. 

  1. Memiliki Pertumbuhan yang Cenderung Positif 

Bagi pemilik saham jangka pendek, kondisi pasar yang sedang buruk maka mereka akan panik. Karena harga jual menjadi lebih rendah daripada saat mereka membelinya. 

Namun, bagi pemegang investasi saham jangka panjang hal ini bukanlah sesuatu yang sangat mengkhawatirkan. 

Meskipun dalam jangka pendek harga mengalami fluktuasi yang cukup cepat, namun secara keseluruhan produktivitas dan pertumbuhan saham cenderung positif. 

  1. Keuntungan Pajak 
Baca Juga :  Cara Dapat Modal Usaha untuk UMKM dari Pemerintah

Apabila Anda meletakkan saham dalam jangka panjang, maka Anda akan mendapat keuntungan untuk pajak atas keuntungan modal. 

Pada umumnya, saham yang Anda tahan dalam jangka panjang akan dikenakan pajak dengan tarif yang berada di bawah golongan pajak penghasilan Anda. 

Sementara, pajak untuk saham jangka pendek akan dikenakan pajak pendapatan reguler. 

Berinvestasi saham jangka panjang juga akan menghemat biaya transaksi dari melakukan perdagangan aktif di bursa. 

Bagaimana, apakah Anda sudah memahami materi investasi jangka panjang terkait saham? Terdapat beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari melakukan investasi jangka panjang. 

Tertarik untuk melakukan investasi saham? Anda perlu menemukan platform terbaik untuk investasi yakni di Xaham.id yang aman dan tentunya mudah.

Leave a Reply