Investasi

4 Tips Cerdas Investasi Properti bagi Pemula

By August 25, 2021No Comments

Masa muda menjadi masa yang tepat untuk memulai investasi properti.  Sejak zaman old properti telah menjadi instrumen investasi yang menjanjikan dibandingkan investasi lain seperti emas atau saham. Meski demikian, investasi properti tidak dapat dilakukan oleh kaum muda semudah membalikkan telapak tangan.

Merealisasikan properti impian ini memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.  Pasalnya, proses pembelian properti tidak secepat seperti membeli emas, banyak faktor yang harus dipertimbangkan dengan matang. Oleh karenanya, simak tips cerdas ini sebelum membeli properti dan meraih cita-cita besar Anda.

Tips Berinvestasi Properti 

Berinvestasi properti memang perlu kehati-hatian karena gampang-gampang susah terutama bagi pemula. Nah, berikut ini adalah tips cerdas investasi properti bagi Anda para pemula. 

1. Lokasi, lokasi, dan lokasi

Lokasi menjadi kunci utama keberhasilan investasi properti Anda. Pasalnya, jika orang mencari properti, lokasi menjadi pertimbangan utama. Lokasi harus strategis dan dekat dengan  fasilitas umum seperti sekolah, pasar, rumah sakit, dan lainnya. Faktor lokasi akan menentukan harga jual sebuah properti saat Anda menjualnya. 

2. Pengembang Tepercaya

Setelah menemukan lokasi yang tepat, carilah rumah yang dikembangkan oleh developer dengan rekam jejak yang baik dan berpengalaman minimal 5 tahun. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan rumah sesuai kualitas yang dijanjikan.

3. Mengecek Harga Pasaran

Sebelum memutuskan  membeli properti pertama, cobalah tetap tenang dan tidak tergesa-gesa. Pasalnya, Anda harus meninjau harga pasaran rumah tersebut. Cari informasi lengkap tentang harga rumah di lokasi incaran Anda, baik secara online maupun datang langsung. Dengan demikian, Anda bisa menentukan apakah harga rumah incaran sudah tepat sesuai pasaran.

4. Ketersediaan Fasilitas

Jika Anda telah mendapatkan lokasi dan rumah, serta developer dengan rekam jejak bagus, cek terlebih dahulu fasilitas yang tersedia baik internal maupun eksternal. Lihat fasilitas seperti ketersediaan listrik, air,  jalan yang luas dan berkualitas, taman, sarana ibadah dan olahraga, sekolah, sekuriti, serta bebas banjir. 

5. Cek Dokumen Rumah

Jangan lupa mengecek kelengkapan dokumen pembelian properti dengan baik. Pastikan kembali dokumen seperti IMB, PBB, akte jual beli, hingga sertifikat SHGB atau SHM. Dengan demikian, jika Anda ingin menjualnya di masa mendatang tidak akan timbul masalah berarti. 

Nah, itulah tips cerdas dalam memulai investasi properti bagi pemula. Dengan membekali diri dengan informasi yang cukup, investasi Anda tidak akan merugi nantinya. Semoga  bermanfaat.

Leave a Reply