Investasi

5 Kunci Sukses Investasi Saham untuk Pemula

By March 6, 2023No Comments
5 Kunci Sukses Investasi Saham untuk Pemula

Investasi saham memang bukan pekerjaan yang mudah. Walaupun potensi untungnya cukup besar, Anda perlu tahu bagaimana kunci sukses investasi saham, terlebih jika Anda pemula.

Di Indonesia, popularitas investasi saham terbilang lebih kecil dibandingkan emas. Berdasarkan data survei dari Jakpat menyebutkan, hanya 22% masyarakat Indonesia yang memilih investasi saham. Salah satu alasannya karena investasi ini membutuhkan skill khusus.

Bagaimana tips dan kunci sukses menjalankan investasi saham?

  1. Memahami Risiko Bermain Saham

Cara sukses di pasar modal yang pertama adalah bagaimana Anda memahami istilah high risk high return dalam dunia saham.

Sama halnya dengan bisnis yang lain, saham memiliki risiko khusus di antaranya kemungkinan saham mengalami suspend, harga jual yang mungkin saja akan lebih rendah daripada harga beli, atau saham perusahaan yang berisiko untuk bangkrut.

  1. Skill dan Kebijaksanaan
Baca Juga :  Sebelum Buy, Ketahui 4 Waktu Terbaik untuk Membeli Kripto

Bijaksana dalam mengambil keputusan yang tepat memerlukan skill yang baik dan bisa Anda latih dengan banyak belajar melakukan analisa.

Bijaksana juga soal pengendalian diri dan emosi. Hal ini perlu Anda latih sebagaimana saat Anda menjalankan usaha bisnis pada umumnya.

  1. Investasi Menggunakan Dana yang Tidak Terpakai

Mau beli saham di masa pandemi ataupun pada kondisi sudah normal, tetap perlu mempertimbangkan dana yang akan Anda pakai. Lebih aman menggunakan dana yang memang tidak Anda gunakan untuk kebutuhan produktif sehari-hari.

  1. Pengetahuan dan Analisis

Mau beli saham sebaiknya berdasarkan pada analisis yang tepat, bukan sekadar mengikuti tren dan rumor yang ada. Artinya, pengetahuan Anda tetap harus selalu ditingkatkan. Kumpulkan semua informasi terkait saham.

  1. Variasi Saham
Baca Juga :  4 Tips Cerdas Investasi Properti bagi Pemula

Jangan hanya menggantungkan saham Anda pada satu perusahaan saja. Variasikan investasi Anda dalam berbagai sektor untuk menghindari kerugian pada kondisi tertentu.

Masih bingung mau investasi apa untuk persiapan keuangan jangka pendek atau jangka panjang? Anda bisa mencoba layanan xaham.id.

Platform investasi tepercaya yang akan memudahkan Anda berinvestasi secara aman, nyaman, dan menguntungkan. Persiapkan keuangan masa depan Anda sejak sekarang dan mulailah berinvestasi.

Leave a Reply