Investasi

6 Contoh Investasi Jangka Panjang Paling Populer

By November 25, 2021January 30th, 2022No Comments

Menurut jenisnya, investasi itu ada 2 jenis yaitu investasi jangka pendek dan juga investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, sekitar 12 bulan. Sedangkan investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang penanaman modalnya dilakukan secara berkala dengan waktu pencairan dilakukan pada jangka waktu tertentu. Lantas apa saja contoh investasi jangka panjang?

Nah berikut ini adalah beberapa contoh investasi yang bisa digunakan untuk jangka panjang dan juga paling populer di Indonesia. Orang Indonesia sering kali memilih dan menggunakan investasi ini. Untuk Anda yang ingin melakukan investasi, beberapa referensi berikut ini sangat bagus jadi pilihan.

1. Investasi Properti (Bangunan/Tanah)

Tanah dan bangunan (poperty) adalah salah satu bidang investasi yang sangat bagus dan disarankan untuk jangka panjang. Kita semua tahu bahwa harga bangunan dan tanah itu seiring bertambahnya waktu akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Nilainya akan terus bertambah seiringnya bertambah waktu. Semakin lama, akan semakin  mahal harganya.

2. Emas Mulia

Selain tanah, salah satu contoh investasi jangka panjang yang paling populer dan paling banyak jadi pilihan orang adalah emas mulai. Bukan tanpa alasan, investasi emas ini sangat bagus untuk jangka panjang. Di mana harga emas tidak pernah turun dari tahun ke tahun. Sebaliknya, bahkan setiap tahunnya harga emas akan terus meningkat harganya.

Baca Juga :  Mau Investasi Jangka Pendek atau Jangka Panjang? Kenali Perbedaannya

3. Investasi Reksadana

Selanjutnya reksadana, reksadana menjadi salah satu ivestasi yang sangat cocok dipilih dan gunakan sebagai salah satu media investasi jangka panjang yang sangat bagus. Di mana, dalam jangka panjang uang nasabahnya akan memiliki nilai jual yang tinggi pada saham yang mereka beli. Semakin lama nilainya akan semakin tinggi. Alhasil, keuntungan yang akan didapatkan juga akan semakin tinggi setiap tahunnya.

4. Investasi Obligasi

Obligasi menjadi salah satu investasi jangka panjang yang cukup menarik. Di mana investasi ini merupakan jenis investasi berupa surat utang sebagai bukti transaksi pinjaman. Pada umumnya, transaksi ini dapat dilakukan salam kurun waktu 2-3 tahun ke depan. Ini cocok sekali digunakan dan jadi pilihan investasi jangka panjang yang sangat aman.

5. Investasi Saham

Saham adalah kepemilikan perorangan atas aset di sebuah perusahaan. Ini menjadi salah satu investasi jangka panjang yang cukup menarik digunakan. Semakin lama Anda memiliki aset di sebuah perusahaan, maka Anda bisa dapatkan value yang lebih bagus. Apalagi kinerja perusahaannya sangat bagus. Investasi saham menjadi salah satu contoh investasi jangka panjang yang sangat populer dan banyak sekali jadi pilihan.

Baca Juga :  Simak! Keunggulan Saham Dibanding Produk Investasi Lain

6. Investasi Program Pensiun

Sekarang juga ada jenis investasi jangka panjang berupa program pensiun. Ada banyak lembaga yang membuka layanan ini. Bahkan berbagai bank sudah membuka layanan ini. Anda bisa gunakan tabungan dana pensiun ini untuk menjamin masa tua Anda yang jauh lebih baik dan jauh lebih menguntungkan. Selamatkan masa tua Anda dengan program investasi jangka panjang dengan ikutan program investasi dana pensiun.

Nah itulah 6 contoh investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih dan gunakan sebagai salah satu pilihan alternatif dalam melakukan investasi jangka panjang. Selain populer, beberapa jenis investasi ini juga sangat bagus digunakan untuk menyimpan dana jangka panjang dan jamin masa depan yang lebih baik serta amankan keuangan Anda dengan bijak.

Leave a Reply