Investasi

Apakah Investasi Crypto Aman? Ini Penjelasannya

By March 1, 2023March 3rd, 2023No Comments
Apakah Investasi Crypto Aman Ini Penjelasannya

Crypto atau kripto merupakan mata uang digital yang saat ini sedang menjadi trend di berbagai dunia termasuk Indonesia. Ada banyak jenis mata uang digital yang ada saat ini dan menjadi pilihan investasi. Pertanyaannya, apakah investasi crypto tersebut aman?

Sebagai investasi, kripto ini menawarkan high return. Hanya bisa Anda gunakan di dunia maya. Ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda jadikan acuan sebelum memilih investasi crypto tersebut.

Pertimbangan Keamanan Secara Teknis

Sebelum memulai bisnis crypto, sebaiknya Anda memahami dulu tentang dunia kripto. Rendahnya literasi finansial masyarakat Indonesia membuat hal ini kurang diperhatikan.

Wahyu Laksono selaku Founder Traderindo.com mengingatkan beberapa hal terkait investasi kripto, yakni:

  • Tidak ada jaminan aset dari investasi yang Anda lakukan.
  • Harga memiliki fluktuasi yang sangat tinggi.
  • perdagangan cryptocurrency bersifat derivatif market sehingga sangat berisiko penipuan.
Baca Juga :  5 Cara Investasi Saham agar Untung

Namun, saat ini ada banyak muncul pebisnis kripto dengan berbagai platform dan sistem. Cara investasi crypto untuk pemula pun bisa Anda pelajari jika Anda memang sudah memahami berbagai risiko bisnis atau investasi mata uang digital tersebut.

Tinjauan Hukum Islam Soal Crypto

Apakah investasi crypto halal? Bagi Anda yang Muslim tentu saja penting memperhatikan hal ini. Apa hukumnya investasi crypto dalam Islam?

Pada bulan November tahun 2021 melalui agenda Ijtima’ Ulama yang digelar di Jakarta, Majelis Ulama Indonesia (MUI) merilis pernyataan penggunaan cryptocurrency untuk mata uang adalah haram.

Alasanya karena di dalamnya mengandung unsur gharar dan dharar. Selain itu, bertentangan dengan aturan pemerintah UU NO 7 tahun 2011 dan Peraturan dari Bank Indonesia NO 17 tahun 2015.

Baca Juga :  Manfaat yang Bisa Diperoleh Kala Investasi Deposito Berjangka

Jadi, Amankah Investasi Crypto?

Semuanya tentu saja terpulang pada keputusan Anda sendiri. Pilihan Anda tentu saja harus sudah berdasarkan pengetahuan tentang kripto yang sudah cukup jelas.

Bagaimana jika Anda masih ragu? Jangan khawatir, Anda bisa memulai investasi yang aman, nyaman, dan menguntungkan di xaham.id. Cara investasi mudah untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Mulai investasi sekarang dan dapatkan jaminan keuangan yang lebih baik di masa depan.

Leave a Reply