Investasi

Cara Dapat Modal Usaha untuk UMKM dari Pemerintah

By March 8, 2023March 13th, 2023No Comments
Cara Dapat Modal Usaha untuk UMKM dari Pemerintah

Ingin mengembangkan bisnis UMKM sendiri tetapi bingung cara dapat modal usaha, cobalah untuk mengikuti program pendanaan dari pemerintah. Pemerintah memiliki kepedulian tinggi terhadap perkembangan UMKM di Indonesia.

Salah satunya karena melalui usaha dari masyarakat ini, bisa memacu pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu fakta membuktikan bahwa usaha dari masyarakat ini memiliki ketahanan tinggi, tidak mudah goyah, dan jadi tonggak utama roda ekonomi nasional.

Cara Dapat Modal Usaha dari Pemerintah

Pemerintah memiliki beberapa program pendanaan untuk membantu masyarakat mengembangkan bisnisnya, seperti subsidi bantuan pinjaman atau lebih dikenal dengan KUR (kredit Usaha Rakyat) dan program bantuan bagi pelaku UMKM.

Program bantuan ini mulai aktif diberikan ketika pandemi muncul dan ekonomi nyaris mandek. Programnya akan terus berjalan, mengingat dampak positifnya sangat besar. tetapi untuk mengikutinya, harus mempersiapkan syarat – syarat seperti berikut.

Baca Juga :  Investasi Saham Blue Chip dengan Dividen Terbesar

1.    Memiliki Legalitas Usaha

Legalitas usaha adalah salah satu penanda bahwa memang Anda sedang menjalankan atau memiliki bisnis. Melalui legalitas usaha diketahui pula ruang lingkup bisnisnya di bidang apa, serta berapa jumlah modal dan aset yang dimilikinya.

Sehingga apabila Anda ingin mendapatkan pendanaan dari pemerintah, pertama harus mengurus berbagai legalitas usaha terlebih dahulu. Prosesnya tidak ribet, karena bisa online, dan selain mendapatkan dana dari pemerintah, kredibilitas bisnis Anda juga akan meningkat.

2.    Mempersiapkan Identitas Diri

Identitas diri merupakan salah satu cara dapat modal usaha UMKM, yaitu sebagai syarat administratif. Karena modal ini diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) saja, sehingga harus dipastikan kembali dengan identitas diri bahwa memang layak mendapatkannya.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Bank BRI

3.    Mengusulkan ke Dinas Koperasi Setempat

Langkah terakhir adalah harus mengajukan ke Dinas Koperasi setempat, dari Dinas Koperasi datanya nanti akan diarahkan ke Kementerian. Setelah proses pengajuan selesai, Anda bisa mengecek status keikutsertaan program pada website yang diberikan oleh dinas koperasi.

Setelah itu tinggal menunggu dananya cair, tetapi harus diketahui bahwa dana dari pemerintah tidaklah besar. Hal ini karena pemerintah menerapkan sistem pemerataan. Sehingga Anda harus mencari alternatif lain, apabila kebutuhan modalnya sangat tinggi.

Memulai usaha akan dihadapkan pada tantangan pertama, yaitu bagaimana cara dapat modal usaha. Tetapi tidak perlu khawatir, karena pemerintah memiliki banyak program pendanaan yang bisa Anda pertimbangkan.

Leave a Reply