Investasi

Cara Terbaik Membangun Usaha Tanpa Riba

By March 13, 2023March 28th, 2023No Comments
Cara Terbaik Membangun Usaha Tanpa Riba

Membangun sebuah bisnis tentu saja membutuhkan strategi. Salah satu strategi bisnis yang Anda butuhkan adalah bagaimana cara mendapatkan modal usaha. Terlebih lagi bila Anda ingin mendapatkan  modal yang tanpa riba.

Anda dapat mewujudkan impian membangun usaha, bahkan tanpa harus memikirkan riba yang bertentangan dengan keyakinan Anda. 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh dana segar untuk mengembangkan bisnis. Anda juga bisa memperoleh pinjaman modal usaha baru mulai. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan dana dari Investor.

  1. Dengan Aset Sendiri

Salah satu aspek untuk memulai sebuah usaha adalah permodalan. Bila Anda sebagai pengusaha, maka Anda harus berani memulainya dengan modal sendiri, yaitu aset yang Anda miliki. Aset ini bisa berupa tabungan pribadi yang selama ini telah Anda siapkan.

Apabila jumlah tabungan yang Anda miliki belum cukup untuk menjalankan bisnis, Anda dapat mulai melakukan inventarisasi barang yang memiliki nilai ekonomi. Bisa saja itu berupa perhiasan emas, ataupun kendaraan bermotor yang pemakaiannya kurang efektif.

  1. Pinjaman Kepada Keluarga Atau Teman Baik
Baca Juga :  Investasi Saham Vs Reksadana, Mana yang Terbaik untuk Pemula?

Bentuk pinjaman tanpa riba yang dapat Anda terima adalah dengan mengajukan pinjaman kepada orangtua atau saudara serta teman baik. Ikatan darah dan persahabatan yang kuat akan memudahkan Anda untuk memperoleh pinjaman.

Keluarga atau teman baik biasanya akan sangat senang bila Anda berhasil menjalankan usaha dengan modal yang mereka pinjamkan. Melihat Anda berhasil akan terasa lebih baik daripada menerima bunga dari pinjaman bagi mereka.

  1. Mendapatkan Dana Investor

Cara mendapatkan dana tanpa riba lainnya adalah melalui investor. Anda mendekati berbagai jenis investor seperti Angel Investor ataupun perusahaan investasi Venture Capital. Jenis investor yang juga telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia adalah Crowdfunding Investor.

Baca Juga :  3 Jenis Investasi yang Cocok untuk Usia 20 Tahunan

Sistem crowdfunding atau urun dana menjadi solusi terbaru untuk mendapatkan dana dalam jumlah besar. Perusahaan financial technology menyiapkan sebuah platform yang akan menyatukan beragam orang untuk melakukan investasi. 

Karena tidak memungut bunga, maka investor akan memperoleh sejumlah saham atas investasi yang dilakukan.

Itulah 3 cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang bisa Anda lakukan untuk membangun usaha. Selain kerja keras, kejujuran dan tanggung jawab menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda. Bila Anda ingin berinvestasi dengan modal kecil, Anda dapat memulainya dengan mengunjungi website https://xaham.id/blog/PT Xaham Fintek Ekuitas sebagai perusahaan financial technology urun dana akan membantu Anda memulai investasi. Platform yang tersedia akan mengelola dana secara profesional dan aman.

Leave a Reply