Investasi

Investasi Saham atau Crypto, Mana yang Paling Menguntungkan?

By March 6, 2023No Comments
Investasi Saham atau Crypto, Mana yang Paling Menguntungkan

Anda sedang mencari produk investasi, namun bingung memilih antara investasi saham atau crypto? Tentu saja, sebelum memilih produk investasi Anda harus mengetahui terlebih dahulu terkait keuntungan masing-masing produk. 

Lalu, bagaimana perbedaan dari kedua produk investasi yang sering dibandingkan ini? Berikut ialah beberapa perbedaan antara keduanya. 

  1. Kepemilikan 

Perbedaan investasi saham dan kripto yang pertama terkait dengan kepemilikan atau tipe aset. Jika berinvestasi saham, maka Anda memiliki kepemilikan terhadap perusahaan sebesar jumlah/nilai saham yang dimiliki. 

Jika memilih investasi kripto, investasi Anda tidak selalu mewakili kepemilikan pada perusahaan. 

  1. Ketersediaan Investasi 

Pada aset kripto, token atau koin untuk membeli aset memiliki jumlah yang terbatas. Contohnya ialah bitcoin yang hanya tersedia 21 juta. Apabila sudah didistribusikan seluruhnya, maka tidak ada lagi bitcoin yang tersisa, sehingga akan menjadi langka. 

Baca Juga :  Mengenal Jenis Investasi Yang Populer di Indonesia

Sementara dalam investasi saham tidak mengenal keterbatasan sehingga tidak terjadi kelangkaan bagi para investor. 

  1. Volatilitas 

Perbedaan kripto dan saham selanjutnya yang merupakan pembeda paling penting ialah volatilitas. 

Di Indonesia, transaksi jual beli saham masih diatur sehingga terdapat strategi atau mekanisme pembatasan saat pasar tidak terkendali. Hal ini untuk menjaga volatilitas ketika terjadi kenaikan atau penurunan drastis. 

Sementara kripto tidak memiliki mekanisme yang sama sehingga harga aset kripto bisa sangat turun atau sangat tinggi tergantung pada pergerakan penawaran dan permintaan. 

  1. Waktu Perdagangan 

Perbedaan kripto dan saham selanjutnya terkait dengan waktu transaksi. Saham memiliki waktu yang jelas yakni setiap hari Senin – Jumat. Sesi 1 berlangsung pukul 09.00 – 11.30 WIB, sedangkan sesi 2 13.30 – 14.49 WIB.  Sementara perdagangan kripto berlangsung 24 jam selama 7 hari tanpa berhenti. 

  1. Regulator 
Baca Juga :  3 Cara Menghindari FOMO dalam Investasi

Di Indonesia, transaksi saham sudah diatur sedemikian rupa dan memiliki mekanisme dan pengaturan yang jelas. 

Namun, untuk investasi kripto di Indonesia belum memiliki regulasi yang jelas dan masih dalam pembahasan. Hanya saja, kripto sendiri dikategorikan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan dan belum memiliki lembaga sendiri yang mengaturnya. 

Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan jenis investasi yang tepat? 

Apabila Anda ingin melakukan investasi saham, pastikan Anda memilih platform yang tepat. Xaham.id mampu membantu Anda melakukan investasi saham dengan tepat dan mudah.

Leave a Reply