Investasi

Investasi untuk Karyawan Gaji 5 Juta per Bulan, Adakah?

By March 8, 2023March 21st, 2023No Comments
Investasi untuk Karyawan Gaji 5 Juta per Bulan, Adakah?

Pernah terpikirkan tidak sih di kepala Anda bahwa dengan gaji yang minim, 5 juta per bulan, Anda bisa menabung dan melakukan investasi? Pertanyaannya, adakah investasi untuk karyawan gaji 5 juta?

Pasti ada. Nah, berikut rekomendasi investasi untuk karyawan gaji kecil yang bisa Anda pilih.

  1. Reksadana

Pilihan investasi modal kecil yang pertama, reksadana. Jenis reksadana sendiri ada empat, yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.

Tingkat risikonya tergolong kecil sehingga cocok buat pekerja milenial yang pendapatannya di bawah 5 juta.

  1. Emas

Siapa yang tidak mengenal logam mulia ini? Bahkan sampai saat ini, investasi emas masih digilai oleh banyak orang. Hal ini karena harga emas yang cenderung naik tiap waktunya.

Nah, buat Anda yang ingin investasi untuk karyawan gaji 2 juta sampai 5 juta, bisa pakai investasi emas. Caranya dengan membeli emas dari per gram, kecil-kecil saja dulu. Kemudian Anda kumpulkan. Lama-lama jadi banyak dan bisa Anda jual ketika membutuhkan dana.

  1. Tabungan Berjangka
Baca Juga :  Meraih Untung Jangka Panjang dengan Investasi Saham Unilever

Kalau Anda tidak ingin ribet dengan investasi yang Anda anggap susah, Anda bisa memilih tabungan berjangka. Tabungan berjangka contohnya tabungan pendidikan, tabungan hari tua, dan lain-lain.

Tabungan ini juga nominalnya ada yang kecil, Anda bisa memulainya dengan 100 ribu rupiah. Bahkan, Anda tidak perlu repot memindahkan karena dari bank sudah autodebet alias otomatis ada penarikan untuk tabungan berjangka Anda.

  1. Obligasi atau Surat Berharga

Ada beberapa bentuk obligasi atau surat berharga yang bisa Anda pilih, di antaranya:

ORI atau obligasi ritel Indonesia,

Sukuk atau obligasi syariah, dan

SUN atau surat utang negara.

Untuk pekerjaan dengan gaji 5 juta per bulan, Anda bisa memilih ORI sebagai alternatif investasi. Hal ini karena nominal pembeliannya lebih kecil dari SUN. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengikuti jadwal terbit ORI dari kementerian keuangan.

Baca Juga :  4 Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Bagi Investor

Selain itu, Sukuk juga bisa menjadi alternatif lainnya. Karena harganya cukup murah dan berlandaskan prinsip syariah dengan nama SBSN atau surat berharga syariah negara.

  1. Cryptocurrency

Terakhir, cryptocurrency seperti Bitcoin. Naiknya harga bitcoin menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk mendapatkan investasi ini.

Tentunya, bukan hanya Bitcoin saja yang bisa Anda jadikan investasi, ada juga altcoin atau alternatif cryptocurrency yang bisa Anda pilih dengan nominal rendah.

Itulah 5 jenis investasi untuk karyawan gaji 5 juta yang bisa Anda pilih. Apa pun pilihan investasi Anda, tanam investasi Anda di Xaham.id! Karena Xaham menjamin investasi Anda aman dan menguntungkan.

Leave a Reply