Investasi

Jenis Investasi Selain Saham yang Cocok untuk Pemula

By March 1, 2023March 2nd, 2023No Comments
Jenis Investasi Selain Saham yang Cocok untuk Pemula

Investasi bagi sebagian masyarakat Indonesia masih dipandang sebagai pekerjaan orang kaya. Di pasar modal misalnya, jumlah penduduk Indonesia yang berinvestasi hanya 2,2% saja. Termasuk di pasar ritel, hanya 3% anak muda yang mau investasi.

Jika saham masih menjadi investasi yang sulit, ternyata ada beberapa jenis investasi lain yang menjanjikan Anda coba, apa saja?

  1. Investasi Emas

Tahukah Anda, emas menjadi investasi favorit orang Indonesia saat ini. Survei Jakpat pada bulan April 2021 menyebutkan, sebanyak 46% masyarakat Indonesia memilih investasi emas.

Investasi di Indonesia yang memiliki prospek menjanjikan dan menjadi pilihan semua usia adalah emas. Harga yang stabil, lebih aman, cara investasi yang mudah, dan cocok sekali untuk pemula jadi alasan kenapa jenis investasi ini meraih posisi tertinggi.

Baca Juga :  Jenis Investasi Properti yang Datangkan Untung Melimpah

Investasi emas ini bisa Anda lakukan melalui platform investasi ataupun secara pribadi menjadi tabungan Anda sendiri.

  1. Reksadana

Setelah emas, investasi yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah Reksadana. Berdasarkan data Jakpat, sebanyak 32% orang Indonesia memilih investasi ini.

Alasannya karena jenis investasi Rini terbilang aman, bebas pajak, di bawah pengawasan OJK, dan Anda sebagai investor tak perlu repot melakukan analisa atau research karena semuanya di bawah pengelolaan fund manager.

Jenis investasi Reksadana yang bisa Anda pilih antara lain deposito, saham, dan obligasi. Mau coba yang mana?

  1. Properti

Selain saham, Anda juga bisa mencoba investasi properti. Sebanyak 18% masyarakat Indonesia memilih jenis investasi ini. Bagi pemula, investasi ini bisa Anda pelajari dari kepemilikan yang sederhana dulu sesuai dengan modal yang ada.

Baca Juga :  Strategi Menentukan Kapan Sebaiknya Investor Membeli Saham

Kemampuan melihat potensi perkembangan lokasi dan daerah menjadi hal penting dalam investasi ini. Tidak semua aset properti mahal ke depannya akan jadi investasi menjanjikan. Semuanya juga membutuhkan pertimbangan dan analisa.

Nah, tidak harus investasi saham yang bisa Anda coba untuk mengamankan hari tua bukan? Ada juga jenis investasi lain seperti Dana Pensiun, P2P Lending, dan sebagainya.

Namun, jika Anda ingin investasi yang lebih praktis, aman, mudah dan menguntungkan, kini Anda bisa mencoba layanan investasi di xaham.id. Solusi keuangan masa depan yang aman untuk Anda dan keluarga.

Leave a Reply