Investasi

Mengenal Jenis Investasi Yang Populer di Indonesia

By August 3, 2021No Comments

Mengalokasikan dana untuk investasi memang sudah menjadi gaya hidup saat ini. Tak hanya bagi mereka yang memiliki modal besar, namun juga bagi anak muda yang baru memiliki penghasilan sendiri dan juga mahasiswa. 

Tujuan mereka yang berinvestasi pun bermacam-macam sesuai kebutuhan. Misalnya ingin mendapatkan passive income, sebagai tabungan di hari tua kelak, dana pernikahan, dana pendidikan, dan lain-lain. Jika Anda memiliki rencana atau cita-cita yang membutuhkan dukungan finansial yang besar, investasi merupakan langkah yang dapat Anda lakukan. 

Berikut ini merupakan jenis investasi terpopuler di Indonesia karena kemudahannya dan memberikan keuntungan.

  1. Reksa Dana

Instrumen investasi yang satu ini populer di kalangan investor pemula yang ingin memulai investasi namun memiliki keterbatasan dana. Reksa dana merupakan sebuah wadah untuk mengumpulkan dana dari investor yang kemudian akan diinvestasikan dalam instrumen investasi yang ada di pasar modal.
Anda sebagai investor hanya perlu untuk menyiapkan dana untuk diinvestasikan, kemudian manajer investasi akan mengatur dana tersebut untuk diinvestasikan dalam portofolio efek seperti produk-produk pasar uang, obligasi, atau saham. 

  1. Emas dan Logam Mulia
Baca Juga :  Cara Mengenali Investasi Bodong

Jenis investasi terpopuler di Indonesia yang berikutnya adalah emas dan logam mulia. Jenis investasi yang satu ini memang terkenal di kalangan masyarakat sejak dahulu kala karena harga emas dan logam mulia cenderung naik setiap tahunnya.

Investasi emas dan logam mulia ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang yang aman dan memiliki resiko minim. Selain itu, dengan adanya tren emas digital melalui marketplace semakin memudahkan untuk investasi bahkan dengan nominal kecil sekalipun. 

  1. Deposito Berjangka

Jenis instrumen investasi berikutnya adalah deposito berjangka, yaitu deposito dengan jangka waktu tertentu mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Deposito dapat dilakukan di bank dan keuntungan yang didapat berasal dari suku bunga tabungan. Suku bunga yang didapat lebih tinggi apabila Anda memasukkan nominal uang yang lebih besar.

Baca Juga :  SCF, Cara Baru Investasi Jangka Panjang untuk Anda

Namun apabila Anda ingin melakukan pencairan dana di deposito, sayangnya hanya dapat dilakukan sesuai jatuh tempo yang telah disepakati atau Anda dapat terkena pinalti oleh pihak bank. 

Itulah tadi jenis-jenis investasi terpopuler di Indonesia karena keuntungannya. AKira-kira, apa jenis investasi yang paling sesuai dengan Anda? Untuk mendapatkan informasi terkini seputar investasi lainnya, Anda dapat berlangganan newsletter di laman Xaham.id. 

Leave a Reply