Investasi

Mudah, Begini Cara Investasi Saham untuk Pelajar

By March 6, 2023No Comments
Mudah, Begini Cara Investasi Saham untuk Pelajar

Apakah pelajar bisa mulai bermain saham? Bagaimana investasi yang tepat untuk pemula khususnya pelajar? Di artikel ini, Anda akan menemukan beberapa informasi penting tentang cara investasi saham untuk pelajar.

Investasi telah menjadi gaya hidup yang mendatangkan produktivitas dan keuntungan. Oleh karena itu, sebaiknya pelajar mulai mempelajari tentang investasi terutama pada saham.

Bagaimana Memulai Investasi Saham?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai pelajar yang akan memulai investasi adalah memperkaya ilmu tentang perekonomian dunia. Memahami berbagai metode analisa di dunia ekonomi akan membuat Anda terus up-to-date terhadap trend berita terkini.

Selain belajar dan terus update ilmu, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mulai investasi untuk anak SMA.

Baca Juga :  Mau Tahu Rekomendasi Saham untuk Investasi Jangka Pendek?

#1 Transaksi jangka panjang

Seringkali anak muda mengikuti trend dengan melakukan investasi jangka pendek tanpa mempertimbangkan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Trading adalah salah satu investasi jangka pendek yang kurang cocok untuk pemula. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk melakukan investasi saham jangka panjang agar meminimalisir resiko.

#2 Beli saham yang stabil

Membeli saham yang stabil atau dari perusahaan dengan nama besar adalah pilihan yang cocok untuk investasi anak muda, terutama untuk pelajar. Pada dasarnya perusahaan besar jauh lebih stabil karena konsumennya cukup solid di pasar, sehingga baik untuk pertumbuhan investasi jangka panjang.

#3 Pilih industri yang familiar

Selain membeli saham dari perusahaan besar, investasi saham akan jauh lebih baik dan aman jika Anda memahami industrinya. 

Baca Juga :  Investasi Saham Vs Reksadana, Mana yang Terbaik untuk Pemula?

Bahkan praktisi keuangan tidak menyarankan untuk asal beli saham, terlebih jika Anda tidak familiar dengan jenis industrinya. Ingat, saham adalah investasi yang bergejolak sehingga perlu pemikiran yang matang sebelum mengambil keputusan.

#4 Gunakan platform yang tepat

Mengingat saham adalah jenis investasi yang cukup fluktuatif, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam mengambil langkah. Untuk itu, hanya percayakan investasi Anda kepada xaham.id.

Dengan menerapkan cara investasi saham untuk pemula di atas serta menggunakan xaham.id, investasi jangka panjang maupun pendek akan lebih aman dan menguntungkan.

Leave a Reply