Investasi

SCF, Cara Baru Investasi Jangka Panjang untuk Anda

By March 20, 2023March 30th, 2023No Comments
SCF, Cara Baru Investasi Jangka Panjang untuk Anda

Tahukah Anda terdapat bentuk investasi yang juga berperan  memajukan perekonomian Indonesia? Ternyata nama investasi tersebut adalah Security Crowdfunding (SCF) atau urun dana. Seperti apakah SCF dan apakah cocok untuk investasi jangka pendek maupun panjang? Mari kita simak.

Sekilas SCF

Istilah SCF atau urun dana memang masih terdengar asing di telinga sebagian besar masyarakat. Namun ternyata, bentuk investasi ini telah ada cukup lama dan sudah memiliki platform dengan izin dari OJK.

Urun dana adalah bentuk pendanaan massa untuk usaha UMKM dan rintisan. Pelaku usaha akan menyampaikan proposal UMKM yang nantinya dapat menarik investor. Investor yang tertarik berinvestasi di SCF bebas memilih industri dan UMKM mana untuk didanai.

Antara pelaku UMKM dan investor sendiri terhubung melalui platform-platform penyelenggara. Kini sudah ada 7 penyelenggara SCF yang sudah mendapat izin resmi dari OJK.

Baca Juga :  Investasi Saham Blue Chip dengan Dividen Terbesar

Investor yang berinvestasi nantinya akan mendapat keuntungan dalam bentuk dividen. Investasi yang tersedia pun tidak hanya berupa saham namun dalam bentuk lainnya seperti saham syariah, obligasi, dan sukuk.

Investasi Jangka Panjang

Perlu Anda ketahui, investasi urun dana ini adalah skema investasi yang cocok untuk jangka panjang. Ketika berinvestasi di SCF sudah terdapat perjanjian pendanaan dalam jangka waktu tertentu. Anda pun akan terus mendapatkan dividen seiring bertumbuh kembangnya UMKM.

Tempo pembagian dividen tergantung dari kesepakatan awal. Umumnya bisa per setengah tahun atau per satu tahun. Besaran yang Anda dapatkan tentunya dipengaruhi oleh kesuksesan UMKM itu sendiri.

UMKM dapat tumbuh dan berkembang dengan seiring waktu sehingga cocok untuk investasi alternatif. Apalagi untuk industri tertentu yang sedang laris di masyarakat.

Baca Juga :  3 Perbedaan Dasar Antara Investasi Saham dan Trading

Resiko SCF

Seperti bentuk investasi lainnya, urun dana investasi juga memiliki resiko. Terlebih, karena pendanaan ini terlibat langsung dengan pelaku UMKM.

Kondisi sosial, politik, dan ekonomi dapat berpengaruh pada kinerja UMKM. Misalnya seperti pandemi saat ini yang dapat membatasi pergerakan UMKM dan tumbuh kembangnya.

Meski demikian, urun dana Indonesia tetap memiliki prospek yang menarik untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. Peran Anda pun tidak hanya berinvestasi tapi juga turut serta memajukan perekonomian Indonesia.

Skema SCF atau urun dana adalah salah satu skema investasi alternatif yang bisa Anda lirik. Sebelum memutuskan berinvestasi, sebaiknya pelajari dahulu lembaga penyelenggara dan industri UMKM mana yang Anda inginkan.

Leave a Reply