Investasi

Simak! Keunggulan Saham Dibanding Produk Investasi Lain

By August 11, 2021No Comments

Siapa yang tidak pernah mendengar kata Saham? Ketika menyebut tentang investasi, tidak dapat dipungkiri yang terlintas di benak orang awam pasti saham. Harus diakui, saham lebih dikenal luas daripada instrumen investasi lain seperti emas, deposito, atau reksadana.

Saham dikenal eksklusif, pasar saham tidak mudah untuk dimasuki orang biasa. Namun belakangan ini, saham naik daun karena masyarakat milenial mulai memahami bahwa semua orang bisa membeli saham, bahkan sekarang banyak fintech yang memudahkan orang membeli saham secara online.

Di kalangan investor, saham dinilai sebagai produk investasi unggulan karena memiliki kelebihan-kelebihan jika dibandingkan dengan produk investasi lain. Apa saja keunggulannya? 

Keuntungan yang Tinggi

Saham memberikan return atau keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk investasi lain karena harganya naik seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Sebagai contoh, jika Anda membeli saham BBCA pada tahun 2000 silam pada harga 180 rupiah per lembar, dan Anda menyimpannya selama 21 tahun dan menjualnya hari ini, maka harganya sudah naik menjadi 30.000 rupiah per lembar. Keuntungan yang Anda dapatkan lebih dari 100 kali lipat! 

Baca Juga :  Investasi Syariah, Pilihan Berinvestasi Yang Tepat dan Bebas Riba

Dividen

Tidak hanya keuntungan yang telah disebutkan di atas. Saham juga memberikan keuntungan pada investor berupa dividen, yaitu pembagian keuntungan yang didapatkan dari profit perusahaan. Biasanya dibagikan pada akhir tahun. 

Transaksi yang Mudah dan Aman

Di masa sekarang, hampir semua perusahaan sekuritas menyediakan platform Android dan IOS yang bisa Anda akses melalui smartphone. Membeli saham dan memantau pergerakan pasar sekarang menjadi hal yang mudah yang bisa Anda lakukan di mana saja. Jangan khawatir uang Anda akan hilang, transaksi di pasar modal seluruhnya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sah oleh hukum dan terjamin keamanannya.

Paling Menguntungkan untuk Investasi Jangka Panjang

Saham adalah produk investasi yang cukup terpengaruh laju inflasi. Jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang lama. Saham akan memberikan return yang maksimal jika Anda menyimpannya 10 hingga 15 tahun. 

Baca Juga :  Ketahui 5 Investasi Syariah Terbaik dan Halal

Berikut keunggulan saham dibandingkan produk investasi lain. Yang perlu Anda ingat adalah mencocokkan dengan profil risiko yang Anda miliki, karena meskipun keuntungan saham terdengar menggiurkan, saham juga mempunyai risiko kerugian yang tinggi.

Dalam belajar saham Anda perlu update tentang berita pertumbuhan ekonomi dan perkembangan pasar saham. Anda bisa berlangganan newsletter dari website Xaham.id agar tidak tertinggal informasi seputar saham dan investasi.

Leave a Reply