Investasi

Strategi Menentukan Kapan Sebaiknya Investor Membeli Saham

By March 7, 2023March 28th, 2023No Comments
Strategi Menentukan Kapan Sebaiknya Investor Membeli Saham

Kapan sebaiknya investor membeli saham? Mungkin pertanyaan ini akan muncul saat Anda sudah memutuskan untuk terjun di bursa saham dan sudah memahami beberapa hal fundamental lainnya. Investasi saham memang tidak semudah saat berinvestasi di instrumen lain. 

Bahkan, polling dari New Harris menyebutkan jika hanya sekitar 20% generasi millenial yang terjun di bursa saham. 

Hal ini karena untuk terjun di bursa saham Anda harus memahami beberapa hal fundamental, salah satunya waktu terbaik untuk membeli saham. Di artikel kali ini akan disebutkan strategi membeli saham di waktu terbaik.

Waktu Terbaik Investor Membeli Saham

Dalam menentukan waktu terbaik untuk investasi saham, Anda dapat menggunakan analisis teknikal dan fundamental.

  • Analisis Teknikal

Ini merupakan analisis saham dengan melihat pergerakan saham dalam jangka waktu tertentu. Dalam melihat pergerakan saham, Anda dapat memperhatikan fluktuasi dan harga. Termasuk di dalamnya juga titik terendah dan tertingginya.

Baca Juga :  3 Jenis Investasi Untuk Umur 18 Tahun yang Minim Resiko

Namun, perhatikan bahwa harga di sini bukan hanya harga yang murah saja. Melainkan juga harga saham dari suatu perusahaan yang pantas untuk Anda beli.

  • Analisis Fundamental

Analisis fundamental ini akan mengacu pendekatan dari kondisi politik, ekonomi, atau juga perkembangan dan tren sebuah usaha. Anda dapat melihat analisis ini melalui laporan keuangan perusahaan.

Strategi Menentukan Waktu Terbaik Investor Membeli Saham

Selain menggunakan analisis teknikal dan fundamental, Anda juga perlu menerapkan beberapa strategi lain. Berikut 3 strategi terbaik dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli saham.

  1. Buy on Weakness

Anda bisa beli saham pas lagi turun pada titik tertentu, hingga harga sahamnya aman untuk Anda beli. 

  1. Buy on/if Breakout

Saat harga saham tengah naik hingga menembus level tertinggi (resistance) atau pada level tertentu. Ini juga menjadi waktu terbaik untuk investor membeli saham.

  1. Buy on Retracement

Bisa juga dengan membeli saham saat harga saham ada di bawah (setelah terjadi breakout). Biasanya, setelah breakout, harga saham akan naik dengan cepat. Diingat, beli saat turun jual saat naik.

Baca Juga :  4 Rekomendasi Investasi Syariah Profit Besar

Jadi, kapan sebaiknya investor membeli saham? Waktunya tidak selalu tepat, Anda dapat menganalisisnya secara teknikal dan fundamental atau mengikuti ketiga strategi di atas. 

Repot? Anda dapat meminta bantuan Xaham.id jika ingin investasi saham dan menganalisis kapan sebaiknya investor membeli saham.

Leave a Reply