Investasi

Ternyata Lama Waktu Hold Saham yang Ideal Itu Seperti Ini!

By March 7, 2023March 28th, 2023No Comments
Ternyata Lama Waktu Hold Saham yang Ideal Itu Seperti Ini!

Saat Anda investasi saham, tentu kita ingin memperoleh, cuan bukan? Untuk bisa memperoleh untung besar, selain mengetahui waktu terbaik untuk membeli dan menjual saham, Anda juga harus tahu berapa lama hold saham yang ideal.

Waktu ideal untuk menahan atau hold saham pada dasarnya tidak bisa Anda tentukan secara pasti. Mengapa? Karena setiap orang akan memiliki rencana investasi yang berbeda-beda. 

Nah, waktu hold saham yang ideal disesuaikan dengan rencana investasi dari masing-masing orang.

Lama Hold Saham Berdasarkan Time Frame

Menentukan jangka waktu investasi saham yang ideal terkadang memang membuat dilema. Jika hold terlalu lama, khawatirnya harga saham akan turun. Jika terlalu cepat, kita juga bisa menyesal karena bisa jadi setelah itu harga saham terus naik.

Agar tidak dilema karena kondisi di atas, tentukan berapa lama hold saham dengan melihat time frame atau jangka waktu investasinya. 

Baca Juga :  Rekomendasi Saham Hari Ini yang Murah dan Cocok untuk Pemula

Jika berinvestasi dengan rencana jangka panjang dan mengoleksi saham-saham bluechip, sebaiknya tahan saham hingga 3-5 tahun atau bahkan lebih. 

Jenis saham seperti ini memiliki pergerakan lamban untuk investasi saham jangka pendek, tetapi memberikan hasil melimpah untuk jangka panjang.

Namun, jika memilih saham yang terdeteksi diakumulasi bandar tanpa memperhatikan kondisi fundamental, sebaiknya hold dalam hitungan hari saja. Saham seperti ini biasanya akan cepat naik, tetapi juga cepat turun.

Lama Hold Saham Berdasarkan Rencana Cut Loss/Take Profit

Anda juga tidak akan ragu untuk hold saham saat sudah menentukan target keuntungan (take profit) yang akan Anda peroleh.

Saat sudah menentukan take profit 5%, segera jual saham saat target keuntungan tersebut terpenuhi. Tak perlu berandai-andai lagi, “Bagaimana jika besok harga saham akan tetap naik?” Di kondisi ini, target keuntunganmu sudah tercapai.

Baca Juga :  Investasi Saham Blue Chip dengan Dividen Terbesar

Untuk mengetahui bagaiman cara menentukan target profit yang tepat, Anda dapat menggunakan analasis tekikal atau dengan memantau bagaimana aksi bandar.

Cuan Banyak Butuh Renaca Tepat untuk Hold Saham

Penting Anda pahami, keuntungan investasi saham memang sulit diprediksi. Namun, Anda tetap bisa menentukan rencana investasi agar memperoleh pengalaman investasi saham yang baik dan bisa menentukan waktu ideal untuk hold saham.

Sebaiknya, jangan mudah tergoda untuk melepas saham saat harganya sedang naik. Jangan pula terlalu ngotot untuk tetap hold meski tahu harganya sedang anjlok. Tetap sejalan dengan target investasi dan sesuaikan dengan kondisi yang ada.

Jika Anda masih bingung menentukan berapa lama hold saham yang ideal, ada baiknya meminta bantuan dari ahli. Anda dapat menggunakan jasa dari Xaham.id. Xaham.id siap membantu Anda dalam  investasi saham dan memperoleh cuan tanpa khawatir akan rugi.

Leave a Reply