Tips

5 Cara Menentukan Target Penjualan dengan Tepat

By November 16, 2021No Comments

Apapun industri atau jenis perusahaan yang Anda miliki menjadi langkah krusial untuk bisa menentukan target penjualan yang tepat. Di artikel ini Anda akan menemukan cara menentukan target penjualan paling tepat untuk bisnis Anda. Berikut ulasan selengkapnya.

Step-by-step Cara Menentukan Target Penjualan

Cara penentuan target penjualan dapat Anda lakukan dengan mengaplikasikan metode SMART yang memiliki kepanjangan Specific, Measurable, Attainable, Realistic, and Time bounded.

1. Specific

Di langkah awal ini penting bagi Anda untuk menentukan target penjualan secara spesifik. Dimana target penjualan bisa Anda spesifikasi untuk capaian per tahun atau per periode. Misalnya, Anda bergerak dalam bisnis penjualan produk kecantikan.

Anda kemudian menargetkan penjualan sebanyak 150.000 unit produk dengan keuntungan sekian juta rupiah. Spesifik disini dalam artian jelas apa yang harus Anda capai dan berapa lama waktu capaiannya. Dengan begini, Anda lebih fokus dalam menjalankan bisnis karena punya goal yang mesti dicapai.

2. Measurable

Tahapan ini memiliki arti bahwa tujuan haruslah dapat diukur untuk meninjau progress pencapaian tujuan. Sebagai contoh, apabila penjualan produk di periode sebelumnya berhasil terjual sebanyak 300.000 produk.

Baca Juga :  Strategi Jitu Bikin Investasi Properti Anda Dilirik Orang

Di periode kali ini, target penjualan dinaikkan menjadi 400.000 produk. Dengan begitu target dapat terukur dan dapat dievaluasi tingkat keberhasilannya.

3. Attainable

Attainable dalam artian dapat dicapai. Di tahap ini Anda disarankan untuk menentukan target pasar yang sekiranya mampu dicapai oleh tim penjualan. Di awal merintis bisnis sebaiknya tetapkan target penjualan yang rendah dulu sehingga mudah dicapai.

Hindari memberi target yang terlalu tinggi sehingga tidak mungkin tercapai sebelum melihat trend pasar. Jika target penjualan ingin Anda naikkan, sebaiknya dinaikkan secara bertahap.

Misalnya, jika laba rata-rata penjualan produk mencapai Rp100 juta per bulan, di periode berikut perusahaan dapat menaikkannya hingga Rp200 juta atau Rp150 juta per bulan.

Kenaikan target penjualan tentunya harus Anda dasarkan dari analisis keuntungan dan harus juga dibarengi dengan peningkatan promosi dan jumlah distributor.

Baca Juga :  Tips Investasi Saham Anti Baper

4. Realistic

Anda perlu membuat target penjualan yang realistic atau wajar. Penentuan target penjualan yang tidak wajar akan menyulitkan banyak pihak terutama tim penjualan.

Melalui pertimbangan banyak hal, target haruslah dalam tingkat wajar atau relevan. Jika ingin mencapai target yang tinggi maka harus dibarengi dengan usaha promosi maksimal dan perbaikan kualitas dari waktu ke waktu.

5. Time bounded

Tidak hanya sekedar menetapkan angka sebagai target penjualan, Anda juga harus menentukan batas waktu dalam pencapaian target. Anda bisa menggunakan periode bulanan atau tahunan.

Dengan melakukan hal demikian, Anda dengan mudah bisa memonitoring progress penjualan dan melakukan langkah evaluasi keefektifan strategi pemasaran.

Kelima cara menentukan target penjualan di atas bisa Anda jadikan pedoman dalam membuat strategi pemasaran yang tepat. Jika Anda butuh bantuan dan informasi terkait kebutuhan bisnis Anda, Anda bisa mengunjungi situs xaham.id.

Leave a Reply