Tips

5 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Wajib Anda Ketahui

By December 6, 2021No Comments

Untuk mengukur kepuasan pelanggan Anda harus tahu apa saja indikatornya. Indikator kepuasan pelanggan inilah yang menjadi acuan Anda dalam menilai kepuasan pelanggan.

Fungsi indikator kepuasan pelanggan adalah sebagai alat ukur untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Ada 5 indikator yang bisa Anda gunakan sebagai acuan menilai kepuasan pelanggan. Kelima indikator tersebut adalah:

  1. Kualitas Produk atau Jasa

Indikator utama kepuasan pelanggan adalah kualitas dari produk atau jasa yang Anda buat. Kualitas produk atau jasa memang sangat menentukan kepuasan pelanggan. Semakin bagus kualitasnya maka pelanggan akan semakin puas.

Sekarang ini orang lebih mengutamakan kualitas produk daripada harganya. Jadi kualitas produk atau jasa merupakan indikator utama kepuasan pelanggan.

  1. Kualitas Pelayanan

Indikator selanjutnya adalah kualitas pelayanan. Pelayanan kepada pembeli juga menjadi salah satu kunci untuk memuaskan pelanggan.

Baca Juga :  4 Dampak Positif Pentingnya Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis

Dalam melakukan pelayanan Anda harus ramah sehingga pelanggan akan merasa nyaman. Dengan demikian pelanggan akan merasa senang membeli atau menggunakan produk dan jasa Anda.

  1. Harga Produk atau Jasa

Harga menjadi indikator dari kepuasan pelanggan yang selanjutnya. Sekarang ini kepuasan pelanggan bukan tergantung dari murah atau mahalnya harga. Pelanggan lebih menilai kesesuaian harga dengan kualitas produknya.

Para pelanggan akan tetap puas jika kualitas produk bagus walaupun harganya cukup mahal. Sebaliknya, pelanggan akan kecewa jika harga mahal tapi kualitasnya jelek.

  1. Kemudahan Akses Untuk Mendapatkan Produk

Indikator selanjutnya dalam menilai kepuasan pelanggan adalah kemudahan untuk mengakses produk. Semakin mudah produk diakses pelanggan akan semakin puas. Kemudahan ini juga mempengaruhi jumlah penjualan produk.

Baca Juga :  Strategi Jitu Bikin Investasi Properti Anda Dilirik Orang

Kemudahan akses ini bisa Anda lakukan dengan memberikan layanan secara online. Seperti di https://xaham.id/blog/ yang selalu memberikan pelatihan dan informasi kepada pelanggan secara online yang lebih mudah.

  1. Cara Mengiklankan Produk atau Jasa

Iklan suatu produk atau jasa juga menjadi salah satu indikator untuk mengukur kepuasan pelanggan. Tidak salah jika Anda harus membuat iklan yang semenarik mungkin.

Iklan yang menarik dan sesuai dengan kualitas produk atau jasanya akan membuat pelanggan menjadi puas. Mereka merasa tidak tertipu karena produk atau jasa yang mereka beli sesuai dengan apa yang diiklankan.

Sudah jelaskan apa saja indikator-indikator kepuasan pelanggan? Indikator inilah yang harus Anda perhatikan agar tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa Anda meningkat.

Leave a Reply