Tips

Cara Memberikan Pelayanan Terbaik bagi Pelanggan di Era Service Economy

By November 25, 2021No Comments

Semakin berkembang ekonomi sebuah negara, biasanya kebutuhan terhadap sektor pelayanan (service) pun meningkat. Fenomena ini biasa dikenal dengan sebutan service economy. Lantas, bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan agar bisnis kita bisa terus survive di service economy tersebut?

1.  Gunakan big data untuk mengenali behaviour konsumen

Bagaimana cara memberikan pelayanan prima bagi konsumen?

Pertama, tentunya kita harus mengenali terlebih dahulu kebutuhan dan behaviour dari konsumen kita. Karena masing-masing tipe konsumen memiliki kebutuhan dan tingkah laku yang berbeda-beda.

Konsumen millennial misalnya, pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda dengan mereka dari generasi X Begitu juga dengan konsumen yang berbeda profesi. Tiap profesi biasanya memiliki karakter yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebelum kita menentukan strategi customer service, lebih baik kita mempelajari terlebih dahulu kebutuhan dan behaviour mereka dengan menggunakan big data.

Kenapa harus menggunakan big data? Karena big data mampu memberikan kita insight tentang market dari segi makro dengan cepat, yang akan memudahkan kita untuk mengambil keputusan yang sesuai dengan kondisi pasar dan konsumen.

Baca Juga :  Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Suatu Produk

2. Go Digital

Mayoritas konsumen di era digital menggunakan sarana digital untuk berbelanja atau mencari informasi berkenaan barang atau jasa yang mereka akan beli.

Oleh karena itu, kita pun harus segera menyesuaikan diri dengan perkembangan ini.

Caranya adalah memperkuat infrastruktur dan channel daring kita, baik yang berupa situs, aplikasi, maupun akun marketplace.

3. Gunakan software atau jasa Customer Relationship Management (CRM)

Merumuskan teknik customer serviceyang mumpuni di era digital ini bisa dibilang gampang-gampang susah.

Memang kita bisa berhubungan dengan konsumen dengan mudah melalui internet. Namun, jumlah konsumen yang begitu banyak pun seringkali membuat kita kewalahan.

Oleh karena itu, baiknya kita mempertimbangkan menggunakan software atau jasa CRM dari pihak ketiga, yang akan membantu kita untuk berhubungan dengan konsumen.

Baca Juga :  Ingin Memulai Investasi Emas? Simak Tipsnya Bagi Pemula!

CRM pun akan memudahkan kita dalam menyusun serta menyampaikan promo-promo kita pada konsumen.

Kesimpulan

Di era digital dan service economy ini, kita harus menyiapkan diri untuk memberikan pelayanan yang baik tidak hanya secara offline tetapi juga online.

Cara memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan pun berubah. Untuk memudahkannya, baiknya kita memanfaatkan big data dan juga software atau jasa CRM dari pihak ketiga.

Leave a Reply