Tips

Ingin Memulai Investasi Emas? Simak Tipsnya Bagi Pemula!

By July 7, 2021No Comments

Emas merupakan salah satu pilihan investasi yang tengah naik daun di masa pandemi Covid-19 ini karena dianggap paling aman bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. 

Sebab investasi emas memiliki resiko rendah dan memiliki nilai yang cenderung stabil dalam jangka waktu panjang. Tak hanya itu, berinvestasi emas dapat menahan inflasi dan juga memiliki likuiditas tinggi sehingga mudah dijual dengan cepat. 

Maka dari itu, emas tak hanya populer sebagai perhiasan, namun juga sebagai alat investasi yang menguntungkan sehingga banyak orang yang mulai mencoba berinvestasi ke logam mulia yang satu ini. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memulai investasi emas.

  • Tetapkan Tujuan Investasi Emas

Tips pertama sebelum Anda memulai investasi emas adalah pastikan Anda tahu tujuan Anda berinvestasi. Misalnya Anda berinvestasi emas untuk tabungan pensiun, pernikahan, pendidikan, atau naik haji. 

Setelah mengetahui tujuan yang jelas untuk berinvestasi, Anda dapat merencanakan berapa banyak emas yang harus diinvestasikan setiap bulannya.

  • Pilih Jenis Emas yang Diinginkan

Saat ini terdapat beberapa jenis emas yang bisa dipilih untuk berinvestasi. Mulai dari emas logam mulia, perhiasan, tabungan emas, emas dinar, hingga saham atau surat berharga dari produsen emas. 

Baca Juga :  3 Tips Cara Mudah Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Bagi pemula, investasi emas dengan bentuk logam mulia lebih menguntungkan dan sangat cocok untuk dijadikan tabungan masa depan dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan. Sebab emas logam mulia memiliki nilai jual yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan perhiasan. Sebab harga jual perhiasan emas tergantung pada jumlah karat, estetika, model, dan juga mengalami depresiasi.

Namun yang perlu Anda perhatikan bila investasi emas dalam bentuk logam mulia yaitu tempat penyimpanannya. Bila Anda memilikinya dalam jumlah banyak, maka Anda dapat menyimpannya di dalam brankas Antam atau bank dengan biaya bulanan.

Pilihan lainnya yaitu membeli tabungan emas, Anda bisa menabung emas setiap bulannya melalui Pegadaian, bank, hingga e-commerce. Anda dapat membeli dengan nominal kecil dan dapat dijual kapan saja. Apabila ingin mencetaknya, akan ada biaya tambahan.

  • Riset Harga Secara Berkala

Ketika Anda sudah siap untuk menabung Emas, langkah berikutnya adalah meriset harga secara berkala untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk membeli ataupun menjual emas. 

  • Beli di Tempat yang Terpercaya
Baca Juga :  3 Tips Investasi Emas Batangan Antam bagi Pemula

Ada beberapa tempat yang menawarkan jual beli emas, namun ada baiknya untuk membeli emas di tempat yang menjual emas yang secara resmi diakui oleh pemerintah dan menyertakan surat-surat sertifikat asli apabila Anda membelinya dalam bentuk logam mulia. 

Anda juga bisa membelinya di situs e-commerce yang memang menjual emas secara resmi, atau membuka tabungan emas di Pegadaian atau bank. 

Itulah tadi tips investasi emas yang bisa dijadikan referensi untuk para pemula. Setelah mengetahui tips investasi emas tak ada salahnya untuk memulainya agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Xaham.id merupakan financial technology urun dana yang sudah berada di bawah peraturan OJK (POJK.57/2020). Kami menjembatani pemodal dan penerbit untuk bertransaksi jual beli saham secara elektronik.

Untuk mereka yang memiliki UMKM, Xaham.id mempertemukan pemodal dan UMKM untuk membantu dalam pendanaan agar dapat berkembang bersama.

Leave a Reply