Tips

Jurus Diversifikasi Investasi Ini Meminimalkan Risiko

By October 13, 2021No Comments

“Jangan menaruh semua telur di keranjang yang sama.” Ungkapan ini begitu populer di kalangan investor. Maksudnya, jangan berinvestasi pada satu tempat saja. Bila terjadi sesuatu dengan sumber investasi tersebut, Anda tidak punya pegangan lain.

Karena itulah banyak yang menyarankan diversifikasi investasi. Dengan cara ini, risiko dapat diminimalkan. Bila satu sumber mengalami kegagalan, Anda masih punya cadangan investasi di tempat lain.

Namun, sebelum memulai, pelajari dulu beberapa jurus diversifikasi investasi di bawah ini:

  1. Pelajari alasan perlunya diversifikasi

Mengapa perlu adanya diversifikasi dalam berinvestasi? Cara ini dapat membantu menyeimbangkan rencana tabungan dan investasi Anda. Untuk amannya, hindari sekadar ikut-ikutan tren. Pilihlah yang sesuai kemampuan dan minat Anda.

  1. Strategikan alokasi aset

Saham serta obligasi merupakan dua jenis investasi utama yang bisa Anda pertimbangkan. Bedanya, biasanya risiko saham lebih tinggi, sementara obligasi lebih stabil. Namun, pertimbangkanlah membagi uang di antara dua pilihan ini. Apalagi bila Anda semakin berumur. Persiapkan investasi dengan risiko lebih rendah.

  1. Analisis risiko kualitatif

Ini berlaku bagi yang memilih investasi saham. Dengan menerapkan analisis risiko kualitatif sebelum membeli maupun menjual saham, Anda dapat menyelamatkan dana dan aset Anda. Perhatiakn semua detail, seperti: model bisnis yang kuat, pengelolaan perusahaan, integritas manajemen, dan keunggulan kompetitif lainnya.

  1. Investasikan dalam pasar uang

Pasar uang juga bisa menjadi pilihan dalam berinvestasi. Likuidasinya lebih mudah, risikonya juga lebih kecil. Jangan lupa juga perhatikan perubahan kurs mata uang internasional setiap hari Rabu. Cara ini dapat membantu mempertajam analisis Anda saat berinvestasi dalam pasar uang.

  1. Pertimbangkan obligasi dalam arus kas sistematis

Reksadana juga merupakan investasi yang bisa jadi pertimbangan. Banyak yang mengandalkan reksadana karena risikonya yang kecil serta pergerakannya yang stabil. Apalagi, reksadana juga sangat ideal bagi yang sedang mempersiapkan masa pensiun.

Banyak cara untuk melakukan diversifikasi investasi. Untuk menambah pengetahuan mengenai bisnis keuangan, Anda bisa cek berbagai artikel di Xaham. Lewat financial technology di bawah peraturan OJK ini, pemodal dapat dipertemukan dengan penerbit dalam transaksi jual-beli saham secara elektronik. Xaham membantu kelancaran Anda dalam berusaha.

Leave a Reply