Tips

Memahami tentang Investasi Saham

By August 27, 2021No Comments

Di era yang serba digital ini, masyarakat semakin mudah untuk mengakses informasi. Termasuk informasi mengenai investasi. Beberapa tahun kebelakang masyarakat masih menilai bahwa investasi hanya dapat dilakukan oleh segelintir orang yang memiliki banyak uang, tetapi sekarang masyarakat mulai memahami, investasi bisa dilakukan oleh semua orang. 

Investasi penting dilakukan agar nilai aset yang dimiliki bisa bertumbuh dan tidak berkurang karena inflasi. Salah satu instrumen investasi yang sedang naik daun adalah saham.

Saham hari ini mulai digemari para milenial karena dapat memberikan keuntungan lebih besar jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain. Sebenarnya apa itu saham? Bagaimana cara investasi saham? Simak ulasan berikut ini:

Mengenal Saham

Sederhananya, sebuah perusahaan dalam perkembangannya pasti butuh modal yang besar, baik untuk memproduksi barang, atau memasarkannya pada konsumen. Karena modal yang dibutuhkan tidak sedikit, maka perusahaan membuka peluang bagi masyarakat untuk ikut “membiayai” biaya operasional perusahaan. Sebagai gantinya, perusahaan akan membagikan keuntungan hasil penjualan sesuai dengan persentase kepemilikan modal. Inilah yang disebut dengan saham.

Baca Juga :  Jurus Diversifikasi Investasi Ini Meminimalkan Risiko

Keuntungan Investasi Saham

  1. Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan dari profit yang diberikan perusahaan pada investor. Jika Anda ingin mendapat keuntungan dari dividen, maka Anda diharuskan untuk menyimpan saham dalam jangka waktu yang lama (tidak untuk trading saham).

  1. Capital Gain

Capital gain adalah selisih antara harga saham pada saat Anda membeli, dan harga saat Anda menjualnya. Contoh Anda membeli saham dengan harga 12000 per lembar, kemudian suatu hari Anda menjualnya dengan harga 20000 per lembar. Jadi Anda untung 8000 dari capital gain. Lumayan, bukan?

Bagaimana Cara Membeli Saham?

Yang perlu Anda pahami adalah meskipun dihitung per lembar, saham dijual dengan sistem 1 lot. 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Anda hanya bisa membeli saham melalui perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang sudah mendapat izin dan diawasi oleh badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan perdagangan saham. Anda bisa mencari informasi tentang produk saham yang bisa Anda beli melalui sekuritas, atau platform-platform digital yang bisa Anda akses melalui internet.   

Baca Juga :  3 Contoh Seminar Wajib Hadir untuk Edukasi Investasi

Informasi saham hari ini sangat mudah didapatkan di internet. Pahami dengan benar konsep saham dan tata cara pembeliannya sebelum Anda mulai berinvestasi. 

Anda bisa berlangganan newsletter dari website Xaham.id untuk mendapatkan informasi terupdate seputar saham dan investasi. Jadi tunggu apa lagi? Berlangganan sekarang juga.

Leave a Reply