Tips

Tips Investasi untuk Pemula Anti Rugi

By October 22, 2021No Comments

Investasi merupakan hal yang sebaiknya dilakukan sedari muda. Kenapa? Karena semakin muda investasi dilakukan, maka keuntungannya akan semakin besar. Namun, jenis investasi juga banyak ragamnya sehingga tak jarang menyulitkan bagi pemula. Berikut beberapa tip investasi untuk pemula:

Pelajari Ragam Investasi yang Ada

Ada beragam jenis investasi yang tersedia di negara kita. Mulai dari investasi emas, investasi saham, investasi reksadana, investasi sukuk, investasi obligasi, dan investasi properti. Sebelum Anda memutuskan berinvestasi, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing investasi tersebut, termasuk seberapa besar risikonya. Setelah memahami profil masing-masing investasi, Anda bisa memilih jenis investasi yang kemungkinan besar memberikan keuntungan bagi Anda.

Pilih Investasi yang Sesuai dengan Diri Anda

Saat memilih jenis investasi ada baiknya Anda sesuaikan dengan diri Anda, baik dari segi finansial maupun mental. Bagi Anda yang menyukai tantangan, tidak takut rugi, ingin untung besar, dan punya uang berlebih, investasi saham sepertinya cocok untuk Anda.

Jika Anda tipikal orang yang takut rugi besar, cukup dengan imbal jasa yang sedikit tapi konsisten, dan tidak banyak memiliki waktu luang, investasi reksadana, sukuk dan obligasi lebih pas untuk Anda pilih.

Sementara untuk Anda yang hanya ingin menyelamatkan uang Anda dari gerusan inflasi dan mendapat keuntungan dari selisih harga lama dan baru, Anda bisa memilih investasi emas. Sedangkan, bagi Anda yang bermodal besar dan ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat, investasi properti bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tetapkan Tujuan Investasi Anda

Sebelum Anda memutuskan berinvestasi, sebaiknya Anda tentukan terlebih dulu tujuan Anda berinvestasi, apakah untuk membeli rumah, membiayai sekolah anak, membeli mobil impian, atau lainnya. Menetapkan tujuan dapat membantu Anda fokus berinvestasi dan tidak mudah tergoda untuk mencairkan investasi sebelum mencapai tujuan yang Anda tetapkan.

Jangan Meletakkan Dana pada Satu Investasi Saja

Bagi investor pemula yang masih belajar dan mencari insrtumen investasi yang tepat, disarankan tidak menempatkan dana pada salah satu instrumen investasi saja. Selain untuk mengurangi risiko, juga agar memberi kesempatan untuk mempelajari beragam jenis investasi.

Tertarik untuk mencoba investasi? Anda bisa mengunjungi Xaham.id, tempat jual beli saham elektronik yang praktis dan tepercaya serta secara legal telah terdaftar di OJK.

Leave a Reply