Investasi

3 Jenis Investasi Untuk Umur 18 Tahun yang Minim Resiko

By March 3, 2023March 6th, 2023No Comments
3 Jenis Investasi Untuk Umur 18 Tahun yang Minim Resiko

Memulai investasi umur 18 tahun? Jangan ragu karena ada banyak opsi yang bisa Anda ambil dengan tingkatan risiko yang rendah. Selain itu, tidak semua investasi memerlukan modal yang besar, jadi seberapapun uangnya,  Anda bisa memulainya.

Apa saja investasi yang cocok untuk usia 18 tahun yang ingin mencoba berinvestasi?

  1. Reksadana

Investasi reksadana bisa Anda pilih karena jumlah uang yang diperlukan untuk memulai relatif kecil. Minimal investasi reksadana mulai dari Rp50.000 saja, hitung-hitung bisa sekalian Anda belajar investasi juga bukan?

Cara investasi reksadana sendiri bisa melalui bank secara langsung atau aplikasi online. Apabila Anda memilih melalui aplikasi online, pastikan yangs udah terdaftar di OJK dan mempunyai ijin resmi ya.

  1. Sukuk Tabungan

Sukuk merupakan produk investasi dari Kementerian Keuangan dengan sistem syariah. Jenis investasi ini sangat aman karena dijamin oleh pemerintah sekaligus tidak ada riba sama sekali.

Baca Juga :  5 Alasan Kenapa Millenial Perlu Investasi Sejak Dini

Keuntungan akan Anda dapatkan dari hasil keuntungan uang Anda atau istilahnya ujrah. Pemerintah menetapkan besaran imbalan yang bisa Anda terima pertahun adalah 6,3% per tahun. 

Untuk berinvestasi sukuk Anda bisa mendatangi bank syariah dengan minimal investasi adalah Rp1 juta. 

  1. Deposito Berkala

Investasi deposito berkala mempunyai risiko yang sangat rendah dan cocok bagi Anda yang masih muda. Anda juga bisa memulai investasi jenis ini dengan mudah di berbagai bank yang ada di Indonesia. Tinggal cari-cari saja mana bank yang sekiranya menawarkan keuntungan terbaik.

Apabila Anda berniat untuk berinvestasi dengan deposito berkala, pastikan uang tersebut tidak akan terpakai. Paling tidak itu bukan uang yang akan Anda pakai dalam waktu dekat. Pasalnya, investasi deposito berkala mempunyai jangka waktu pengambilan yang Anda setujui saat mulai berinvestasi. 

Baca Juga :  Jenis-Jenis, Kelebihan, dan Contoh Saham Preferen

Apakah antara ketiga jenis investasi untuk anak muda tersebut ada yang menarik perhatian? Apabila belum, mungkin Anda tertarik dengan Xaham.id yang menawarkan investasi saham berbasis syariah. 

Pada Xaham.id posisi Anda adalah pemegang modal, kemudian keuntungannya dari bagi hasil. Sistem yang berlandaskan syariah ini sangat aman dan tentunya terbebas dari riba.  Sudah rendah resiko, aman, dan tanpa riba, cocok bukan untuk Anda yang baru akan memulai, oleh karena itu segera kunjungi Xaham.id.

Semoga informasi investasi umur 18 tahun di atas membantu Anda menemukan investasi resiko rendah yang cocok. Sebelum memulai, pastikan pahami betul jenis investasi yang Anda pilih agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Leave a Reply