Insight

5 Langkah Mudah Membeli Saham

By August 12, 2021No Comments

Masih ingat kisah Belvin Tanadi ? Belvin Tanadi adalah investor muda asal medan yang mampu meraup 1 M dalam sebulan di tahun 2019 lalu berkat berinvestasi saham. Tentu saja pencapaiannya bukan sesuatu yang instan, Belvin telah terjun didunia investasi saham sejak tahun 2014 dengan modal 12 juta. 

Jadi apakah Anda tertarik untuk berinvestasi saham? Jangan takut, karena saat ini berinvestasi saham sangat mudah, Anda dapat membeli produk saham hanya melalui smartphone Anda. Cek 5 cara mudah membeli saham berikut!

  1. Pelajari Saham dan Atur Keuangan

Sebelum Anda memulai untuk berinvestasi saham, terlebih dahulu Anda wajib mencari referensi tentang, “Apa itu saham?” dan “Bagaimana cara mendapatkan untung dari saham?”. Ketahuilah resikonya dan sesuaikan dengan kebutuhan finansial Anda. Jangan lupa cari referensi juga tentang produk-produk saham yang bisa Anda beli. Jangan sekali-sekali membeli apa yang tidak Anda pahami.

  1. Buka Rekening Saham
Baca Juga :  Jenis Investasi Bermodal Kecil yang Menguntungkan

Membuka rekening saham saat ini saat mudah dilakukan. Telah banyak perusahaan sekuritas yang telah mengembangkan mobile apps, sehingga Anda dapat membuka rekening dengan mudah pada smartphone Anda. beberapa contoh sekuritas tersebut adalah:

  • BCA Sekuritas
  • Ajaib Sekuritas
  • Indo Premier Sekuritas
  • Mirae Asset Sekuritas
  1. Masukkan Modal

Setelah Anda memiliki rekening saham, Anda diharuskan untuk memasukkan modal awal. Modal awal nantinya akan dapat dipakai untuk membeli produk saham. Modal awal bervariasi pada perusahaan sekuritas, bisa dari seratus ribu rupiah hingga sepuluh juta rupiah.

  1. Beli Saham

Pertama Anda harus mengetahui kode saham perusahaan yang ingin Anda beli sahamnya. Contoh, jika Anda ingin membeli saham BRI Syariah anda perlu mencari “BRIS” pada kolom pencarian, lalu akan terlihat harga beli maupun harga jualnya. Membeli saham dilakukan dengan satuan lot. Pembelian minimal adalah 1 lot, 1 lot adalah 100 lembar saham. Jika Anda melihat harga saham adalah Rp 2.230 per lembar, berarti Anda harus membeli minimal Rp 223.000 untuk setiap transaksi.

  1. Pantau
Baca Juga :  Cara Identifikasi Kebutuhan Pelanggan Secara Mudah

Langkah terakhir dalam berinvestasi saham adalah memantau pergerakan saham. Naik turunnya saham dapat dipengaruhi kondisi ekonomi, fundamental perusahaan dan masih banyak lagi. Kenaikan dan penurunan harga saham memiliki batas per harinya, adapun untuk batas kenaikan adalah 20%-35% dan 10% untuk penurunan.

Berikut 5 langkah mudah yang bisa diikuti untuk membeli saham pertama Anda. Saham bisa dibeli oleh semua orang asalkan paham dan tahu caranya. 

Dapatkan informasi mengenai saham dan investasi lainnya di xaham.id. Jadi, tertarik membeli saham?

Leave a Reply