Insight

Inilah Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan

By February 23, 2022No Comments

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjalankan bisnis. Salah satu indikator yang mempengaruhi hal tersebut adalah kualitas produk. Seperti apa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, serta apa manfaat menjaga dan meningkatkan kualitas produk? Berikut ulasannya.

Pengertian Kualitas Produk

Untuk memahami pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan lebih detail, tidak ada salahnya Anda memahami definisi kualitas produk terlebih dahulu.

Berikut adalah pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menurut para ahli:

Menurut Kotler dan Armstrong pada tahun 2013, “Kualitas produk adalah kapabilitas suatu produk untuk menjalankan fungsinya, dengan menyertakan aspek tepat guna, daya tahan, kemudahan pemakaian, reparasi, serta aspek lainnya dalam suatu produk”

Secara singkat, bisa disimpulkan bahwa kualitas produk adalah aspek-aspek yang menunjukkan kebermanfaatan suatu produk yang perlu dipenuhi agar harapan pelanggan terpenuhi.

Baca Juga :  Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Investasi Obligasi

Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan

Berdasarkan berbagai penelitian, kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, semakin baik kualitas suatu produk, semakin meningkat pula kepuasan pengguna produk tersebut.

Bagaimana kualitas produk mempengaruhi kepuasan pelanggan? Berikut ulasannya.

1.      Meningkatkan Repeat Customer

Repeat customer merupakan istilah bisnis yang berarti pelanggan yang membeli produk Anda lebih dari satu kali. Adanya repeat customer menunjukkan rasa percaya pelanggan pada kualitas produk dan pelayanan Anda, sehingga Ia merasa layak untuk kembali melakukan pembelian.

2.      Meningkatkan Mouth to Mouth Marketing

Mouth to mouth marketing atau promosi testimoni merupakan salah satu metode yang paling efektif dalam proses pemasaran produk. Aspek kejujuran dalam tipe promosi ini mampu meningkatkan rasa percaya calon pelanggan yang hendak membeli produk Anda.

Baca Juga :  5 Langkah Mudah Membeli Saham

3.      Meningkatkan Reputasi Baik Brand

Kualitas produk yang baik dapat menimbulkan kesan yang baik pada diri pelanggan. Dengan menjaga dan mengembangkan kualitas produk, pelanggan dapat merasakan manfaat yang sesuai dengan ekspektasinya di awal transaksi. Dengan demikian, reputasi brand Anda selalu terjaga.

4.      Efisiensi Biaya Promosi

Bisnis yang sudah memiliki reputasi dan testimoni positif akan mendapatkan kesan yang baik, terutama dari target pasar Anda. Dengan ini, Anda tidak perlu menjalankan promosi besar-besaran demi menggaet pelanggan baru, sehingga biaya promosi Anda menjadi lebih efisien.

Setelah memahami pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, sekarang saatnya praktek dengan cara mengembangkan kualitas produk bisnis Anda.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang bisnis? Website Xaham menyediakan tips bisnis dan investasi yang wajib Anda ketahui sebagai pemilik bisnis yang siap melebarkan sayapnya.

Leave a Reply