Insight

Indikator Ini Wajib Ada dalam Hasil Pencapaian Rencana Strategis

By March 8, 2022No Comments

Dalam menjalankan kinerja, setiap perusahaan atau instansi tentu tak jauh dari rencana strategis. Selain itu, pencapaian rencana strategis tersebut pun juga menjadi hal yang wajib dipantau.

Apa Itu Pencapaian Rencana Strategis?

Pencapaian rencana strategis adalah keseluruhan rangkuman dari hasil kinerja suatu perusahaan atau instansi dalam jangka waktu tertentu.

Umumnya, penjabaran pencapaian rencana strategis akan terlaksana saat evaluasi kinerja.

Dalam evaluasi rutin tersebut, anggota instansi atau perusahaan akan menjabarkan hal apa saja yang berhasil tercapai selama jangka waktu kerja tertentu.

Nantinya, hasil pencapaian rencana strategis tersebut akan menjadi tolak ukur apakah visi, misi, dan target perusahaan tersebut sudah terpenuhi secara menyeluruh atau masih ada yang belum sempat terpenuhi.

Baca Juga :  Investasi Emas vs Investasi Saham, Mana yang Lebih Baik?

Nah, ada beberapa indikator wajib yang dapat membantu proses evaluasi untuk kemudian menyusun hasil pencapaian rencana strategis.

 Indikator Penting dalam Penyusunan Pencapaian Rencana Strategis

Menurut Permendagri 86 Tahun 2017, indikator kinerja merupakan alat ukur dalam pencapaian kinerja suatu kegiatan, program, atau sasaran dan tujuan. Indikator tersebut berupa:

1.      Keluaran (Output)

Output merupakan hasil akhir yang ada setelah serangkaian kinerja untuk mewujudkan outcome telah selesai terlaksana.

Dalam hal ini, output dapat berupa barang atau jasa yang merupakan hasil dari usaha perusahaan tersebut.

2.      Hasil (Outcome)

Outcome merupakan yang terpenting dan paling terlihat wujudnya dalam suatu perusahaan.

Dalam hal ini, outcome merupakan keadaan yang ingin perusahaan tersebut capai dan pertahankan selama jangka waktu tertentu.

Baca Juga :  Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Nah, outcome inilah yang menjadi gambaran atas berfungsinya keluaran atau output dari program kerja perusahaan tersebut.

3.      Dampak (Impact)

Indikator terakhir yang tak kalah penting adalah impact atau dampak. Dampak merupakan keadaan yang ingin suatu perusahaan ubah dan berwujud hasil pembangunan/layanan yang diperoleh dari outcome perusahaan tersebut.

Pada tahap evaluasi kinerja, indikator-indikator dasar di atas wajib ada untuk mempermudah penyusunan pencapaian rencana strategis perusahaan.

Indikator tersebut juga berfungsi untuk mengetahui apakah ada hal-hal yang perlu dibenahi selama jangka waktu kerja tersebut.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai pencapaian rencana strategis serta informasi terkait lainnya, Anda dapat mencari tahu xaham.id.

Leave a Reply