Investasi

Istilah yang Harus Diketahui Sebelum Investasi Saham

By March 6, 2023No Comments
Istilah yang Harus Diketahui Sebelum Investasi Saham

Apakah Anda memiliki rencana untuk melakukan investasi saham? Sebelum melakukannya, Anda perlu memahami berbagai istilah yang ada dalam dunia investasi saham. 

Berikut ini adalah berbagai istilah dalam saham untuk pemula 

  1. Pasar Modal 

Merupakan tempat untuk melakukan transaksi jual beli efek termasuk saham. Di Indonesia, Pasar Modal dilakukan di Bursa Efek Indonesia. 

  1. IHSG 

Indeks harga saham gabungan yang merupakan indeks pasar saham yang berfungsi sebagai acuan untuk berinvestasi serta mengukur tingkat keuntungan rata rata dalam berinvestasi. 

  1. Emiten 

Istilah-istilah dalam pasar modal selanjutnya adalah emiten yang merupakan istilah untuk perusahaan yang menjual sahamnya di bursa saham. Tentu saja emiten ini harus memenuhi berbagai syarat untuk bisa menjual saham

  1. IPO

IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering yang merupakan istilah untuk penawaran perdana saham dari perusahaan ke publik. Perusahaan yang telah melakukan IPO berarti menjadi perusahaan terbuka yang juga harus mengikuti berbagai ketentuan yang berlaku. 

  1. Lot 
Baca Juga :  Investasi Syariah Reksa Dana: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Dalam membeli saham, maka satuan yang digunakan ialah Lot. Meskipun memang harga saham ialah untuk per lembar, namun Anda harus membelinya minimal 1 lot atau 100 lembar. 

  1. Buy & Sell 

Buy ialah istilah ketika Anda membeli saham dan Sell merupakan istilah ketika Anda menjual saham. 

  1. Kode Saham 

Perusahaan yang telah IPO dan menjual sahamnya di bursa akan memiliki kode saham yang berbeda. Kode ini yang dipakai dalam segala transaksi, contoh kode saham ialah GGRM (gudang garam), UNVR (Unilever), BBCA (Bank BCA). 

  1. Capital Gain dan Capital Loss

Istilah untung dalam saham karena selisih dari menjual saham disebut sebagai capital gain (harga jual > harga beli). Sementara capital loss adalah istilah kerugian saat menjual saham (harga jual < harga saham). 

  1. Dividen 
Baca Juga :  Risiko Investasi Saham, Investor Harus Paham!

Imbal hasil yang diperoleh oleh pemegang saham apabila perusahaan mendapatkan keuntungan. Besarnya dividen tergantung pada perusahaan serta kepemilikan saham investor.

  1. Blue Chip 

Istilah untuk saham-saham yang memiliki kapitalisasi besar di BEI, memiliki laba yang besar hingga sering memberikan dividen. Saat ini terdapat 45 saham yang tergabung dalam saham blue chip 

Ketika melakukan investasi saham, Anda perlu mengetahui berbagai istilah sehingga bisa berinvestasi dengan tepat. Dalam melakukan investasi saham, Anda juga harus menemukan platform yang tepat. Gunakan Xaham.id yang mampu menjadi teman Anda dalam melakukan investasi saham.

Leave a Reply