Tips

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Bunga yang Patut Anda Coba

By May 16, 2023No Comments
Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Bunga yang Patut Anda Coba

Saat berbisnis, bunga dalam pinjaman dapat memberatkan. Pun terdapat syariat yang menganjurkan untuk menghindari adanya bunga. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki modal tanpa bunga, berikut cara mendapatkan modal usaha tanpa bunga yang bisa Anda coba.

  1. Menjual aset pribadi atau menggadaikan di pegadaian syariah

Menggunakan aset pribadi guna modal usaha terasa perlu banyak pengorbanan. Namun jangan salah, dengan mengelola aset menjadi modal berjalan tentu dapat mendatangkan keuntungan lebih besar. Pun langkah ini menjadi cara mendapatkan modal usaha gratis secara lebih cepat.

Jika tidak berkenan menjual, mengajukan gadai aset pribadi dapat menjadi opsi untuk mendapatkan modal. Agar terhindar dari bunga, Anda bisa memilih pegadaian syariah sebagai mitra usaha.

  1. Investor tanpa bunga
Baca Juga :  Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Terhadap Suatu Produk

Cara mendapatkan modal usaha tanpa bunga yang kedua yakni mencari investor yang tidak meminta bunga sebagai feedback. Sebagai gantinya, Anda dapat menawarkan bagi hasil melalui persentase keuntungan tiap bulan dalam jangka waktu tertentu. 

Agar mengurangi kemungkinan kerugian, perjanjian di atas kertas sesuai hukum menjadi prasyarat penting saat mengajukan modal pada investor tanpa bunga. Melalui model ini, Anda bisa bekerja sama dengan teman, keluarga, maupun kolega yang memiliki modal.

  1. Pengajuan pinjaman syariah

Kebutuhan keuangan yang sesuai dengan syariah menjadikan bank syariah berkembang pesat. Keuntungannya, Anda bisa mencari bank yang sesuai dengan kebutuhan untuk mengajukan pinjaman syariah. 

Bank syariah akan menawarkan kredit dengan berbagai akad sesuai syarat syar’i. Mulai mudharabah hingga mutanaqishah, sesuai kebutuhan Anda untuk cari modal usaha perorangan yang tentunya bebas bunga dan riba’.

  1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Baca Juga :  Jurus Diversifikasi Investasi Ini Meminimalkan Risiko

Bagi pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM, Anda bisa mengajukan bantuan modal pada program kredit usaha rakyat dari pemerintah.  Agar bebas bunga, ajukan permohonan pinjaman modal KUR melalui bank syariah milik negara. 

Cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah ini dapat membantu, pun syarat pengajuan dan dokumen yang diperlukan tidak terlalu rumit. Anda bisa mendatangi langsung cabang terdekat bank syariah terkait atau melakukan registrasi via aplikasi resmi.Penentuan tepat cara mendapatkan modal usaha tanpa bunga di atas tentu dapat membantu menjalankan bisnis Anda. Lakukan perencanaan secara terperinci agar usaha dapat terus berkembang.

Leave a Reply