Tips

Tips Investasi Emas yang Menguntungkan

By October 13, 2021No Comments

Investasi emas hingga saat ini masih banyak diminati, terutama emas batangan. Kenaikan harga yang cenderung naik dari tahun ke tahun membuat emas dan logam mulia masih dianggap “save heaven” oleh banyak kalangan. Namun, sebenarnya investasi emas tidak selalu menguntungkan. Perlu beberapa trik agar investasi emas menghasilkan profit yang maksimal. Tertarik untuk mengetahui lebih jauh? Yuk, simak tip investasi emas yang menguntungkan berikut ini.

Tidak Memilih Emas Perhiasan

Jika Anda ingin investasi emas, usahakan tidak memilih emas perhiasan. Mengapa? Karena meskipun sama-sama emas, emas perhiasan mengalami penyusutan harga akibat pemakaian sehingga semakin lama disimpan angka penyusutannya semakin besar. Hal ini berbeda dengan emas batangan yang cenderung stabil dan tidak mengalami penyusutan harga.

Beli di Tempat yang Tepercaya

Saat ini banyak sekali pihak yang menawarkan pembelian emas batang atau koin, baik di toko fisik maupun toko online. Namun, Anda patut berhati-hati dan sebaiknya membeli emas batang di tempat yang tepercaya. Salah satu tempat jual beli emas yang tepercaya yaitu pegadaian, atau Anda juga dapat membelinya di toko emas langganan Anda yang sudah Anda percaya kualitasnya. Jenis emas batang atau koin yang sering diperjualbelikan yaitu emas dengan berat 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, hingga 1 kg. Semakin berat emas yang Anda beli, semakin murah harga per gramnya.

Simpan dalam Waktu yang Cukup Lama

Untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari investasi emas, Anda harus menyimpan emas Anda dalam kurun waktu yang cukup lama, minimal 5 tahun. Jika kurang dari waktu tersebut, biasanya harga emas belum terlalu naik secara signifikan sehingga keuntungan belum terlalu dapat dirasakan.

Jangan Beli saat Resesi Ekonomi

Saat terjadi resesi ekonomi, biasanya harga emas melonjak tinggi. Pada kondisi ini sebaiknya Anda menjual emas bukan malah membelinya. Jadi prinsipnya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi emas, beli di harga rendah dan jual saat harga tinggi.

Bagaimana, tertarik untuk investasi emas? Atau ingin mencoba jenis investasi lainnya? Anda bisa coba cek di Xaham.id, tempat jual beli saham elektronik yang telah resmi terdaftar di OJK. 

Leave a Reply