Tips

3 Cara Tepis Stigma Negatif Investasi Saham

By September 7, 2021No Comments

Baik sebagai investor pemula maupun lebih berpengalaman, pengetahuan mengenai investasi itu penting. Sayangnya, kurangnya edukasi membuat banyak pemula yang ragu untuk memulai kegiatan ini. Apalagi, di era digital ini, stigma negatif lebih mudah dan cepat menyebar daripada yang positif.

Padahal, bila sudah belajar dan mengetahui seluk beluknya, investasi saham bisa memberikan hasil positif. Agar tidak ragu, inilah tiga (3) cara tepis stigma negatif investasi saham:

  1. Membaca buku dan literatur digital yang berkaitan dengan investasi

Sekarang, pilihan untuk literasi finansial sudah semakin banyak. Mau baca buku, bisa. Mau baca artikel berita finansial di koran, bisa juga. Bahkan, mau mengecek sumber digital mengenai literatur finansial juga sudah banyak sekali. Salah satunya adalah Xaham.

Xaham.id adalah financial technology urun dana yang telah ada di bawah peraturan OJK. Xaham mempertemukan pemodal dengan penerbit untuk saling bertransaksi jual-beli saham secara elektronik. 

Xaham juga menghubungkan banyak pemodal dengan perusahaan lokal berkualitas yang sedang mencari pendanaan untuk menumbuh-kembangkan usahanya agar lebih maju, kuat dan sehat secara bersama-sama.

  1. Menonton film-film mengenai investasi saham

Memang, banyak film-film bertema investasi yang lebih banyak menyorot sisi gelap dunia tersebut. Padahal, aslinya tidak melulu seseram “The Boiler Room” maupun “The Wolf of Wall Street”. Sebagai pemula, ada baiknya menonton film-film seperti “The Big Short” dan “The Pursuit of Happiness”.

Namun, bila ingin menambah referensi pengetahuan, tontonlah sebanyak mungkin film-film dengan tema serupa. Jadikan kesuksesan tokoh dalam film sebagai inspirasi. Bila si tokoh utama membuat kesalahan dalam film tersebut, cukup jadikan masalahnya sebagai contoh kasus. Anda bisa belajar untuk tidak ikut melakukan hal yang sama.

  1. Mengikuti seminar dan webinar mengenai investasi

Dulu, sebelum era pandemic #Covid19, banyak seminar mengenai literasi finansial yang bisa diikuti. Sejak 2020, banyak kegiatan yang beralih ke dunia maya demi keselamatan bersama. Karena itulah, seminar menjadi webinar.

Edukasi dan literasi finansial dapat dilakukan untuk menepis stigma negatif terkait investasi saham. Salah satunya dengan mengikuti webinar yang sering diadakan oleh badan-badan yang bergerak di bidang finansial.

Baik sebagai investor pemula maupun yang sudah berpengalaman, teruslah menggali ilmu mengenai investasi.

Leave a Reply