Investasi

Manfaat yang Bisa Diperoleh Kala Investasi Deposito Berjangka

By September 13, 2021No Comments

Memiliki tabungan di bank merupakan hal yang lazim bagi sebagian besar orang. Bahkan beberapa orang memiliki lebih dari satu rekening bank. Dalam investasi jangka panjang, banyak produk tabungan yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah deposito berjangka. Apa itu deposito berjangka dan manfaat yang diperoleh bila memilikinya? Yuk simak penjelasan lengkap berikut ini. 

Apa itu Deposito Berjangka?

Deposito berjangka merupakan produk perbankan yang memungkinkan uang nasabah disimpan dalam kurun waktu yang lama. Tempo waktu deposito jenis ini mulai dari 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun. Selama kurun waktu ini, uang tidak dapat diambil. Jika nasabah mengambil dana dalam deposito berjangka sebelum jatuh tempo pengambilan, maka akan dikenakan pinalti dan tidak mendapatkan suku bunga.  

Manfaat Deposito Berjangka

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika memilih berinvestasi pada instrumen deposito berjangka. Beberapa diantaranya yakni: 

  1. Risiko rendah

Deposito berjangka merupakan jenis investasi yang memiliki risiko rendah bila dibandingkan instrumen lainnya seperti saham atau reksa dana. Nilainya tidak terlalu berpengaruh pada perubahan pasar uang atau pasar modal. Meski demikian, instrument ini tetap berisiko bila negara dalam kondisi ekonomi atau politik yang kritis. 

  1. Aman

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan kala menginvestasikan dana di deposito berjangka adalah rasa aman. Seluruh uang yang Anda simpan dijamin oleh negara melalui lembaga penjamin simpanan (LPS) sebanyak Rp2 miliar dengan suku binga tertinggi. Dengan jaminan ini, dana akan tetap aman meskipun terjadi sesuatu dengan bank tempat Anda berinvestasi. 

  1. Cocok bagi pemula 

Karena memiliki risiko yang rendah, menginvestasikan dana melalui deposito berjangka sangat cocok untuk investor pemula. Anda tidak perlu mempelajari pasar modal seperti halnya saat berinvestasi saham. Syarat administrasinya pun mudah sama seperti membuka tabungan biasa. Bahkan beberapa bank kini memungkinkan Anda membuka rekening deposito berjangka secara online

  1. Suku bunga besar

Produk desposito berjangka menawarkan suku bunga simpanan yang lebih besar bila dibandingkan dengan tabungan biasa. Bahkan besar suku bungnya bisa sampai tiga kali lipat. Dengan suku bunga yang besar ini, Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula. 

Deposito berjangka merupakan instrumen investasi yang cocok dijadikan sebagai simpanan jangka panjang.  Pilih lamanya jangka waktu simpanan sesuai dengan rencana masa depan Anda. 

Leave a Reply