Tips

Tips dan Trik Memulai Investasi Saham

By July 14, 2021No Comments

Siapa yang tak ingin punya properti di usia 40an? Atau memimpikan dapat pensiun dini dan membangun bisnis sendiri? Melakukan investasi saham dapat menjadi pilihan, agar cita-cita tersebut dapat terwujud sesuai keinginan Anda.

Meski begitu saham merupakan instrumen investasi yang banyak ditakuti oleh para investor pemula. Bagaimana tidak? Banyak kita dengar jika berinvestasi saham lebih fluktuatif dibandingkan investasi yang lain, sehingga kemungkinan kita merugi lebih besar. Hal ini tidak sepenuhnya benar jika Anda sudah memahami dengan benar mengenai saham. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai berinvestasi saham:

Pastikan Keuangan Anda aman

Berinvestasi bisa dilakukan jika Anda telah dapat membagi uang Anda pada pos-pos krusial seperti kebutuhan sehari-hari, cicilan, dan dana darurat. Jika pos-pos tersebut telah terpenuhi maka Anda dapat mulai berinvestasi saham. Ingat, investasi saham dapat dirasakan manfaatnya untuk jangka panjang sekitar 10 sampai 15 tahun.

Baca Juga :  3 Tips Cara Mudah Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Perbanyak Referensi

Info dan pengetahuan sangat penting disini, pastikan Anda benar-benar memahami apa itu saham beserta resiko dan keuntungannya. Saat ini banyak sekali media yang menyajikan artikel pengetahuan tentang investasi, hingga rekomendasi saham hari ini.

Pilih Saham yang Ramah untuk Pemula

Yakni Saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi. Saham-saham ini terdapat pada perusahaan yang memiliki latar belakang dan fundamental yang baik. Anda bisa memilih saham di indeks LQ45 atau IDX30 pada Bursa Efek Indonesia. 

Ada satu trik yang bisa Anda terapkan dalam memilih saham, yaitu pilihlah saham dari perusahaan consumer goods yang produk nya juga Anda pakai. Hal itu akan relatif lebih aman untuk pemula.

Jangan Masukkan Semua Telur dalam Satu Keranjang

Baca Juga :  Jurus Diversifikasi Investasi Ini Meminimalkan Risiko

Peribahasa ini akan sering Anda dengar pada artikel, seminar maupun komunitas saham. Arti dari peribahasa ini adalah meminta Anda untuk berinvestasi pada lebih dari satu produk saham. Ini sangat penting agar resiko yang Anda tanggung juga dapat terbagi.

Konsisten dan Sabar

Tips terakhir yang paling penting adalah konsisten. Dalam menjalankan investasi jangka panjang, Anda tidak bisa hanya sekedar membeli tetapi juga konsisten melakukan transaksi. Melalui rutinnya proses Anda menjual ataupun membeli produk, Anda akan semakin terbiasa dan semakin mahir.

Berikut adalah tips dan trik yang bisa Anda praktekkan dalam memulai investasi saham. Untuk Anda para investor, mengetahui update tentang pasar maupun rekomendasi saham hari ini sangat penting. Anda bisa berlangganan newsletter dari xaham.id agar tidak tertinggal berita seputar investasi.

Leave a Reply