Insight

Kolaborasi BTS MCD, Strategi Bisnis Renyah yang Wajib Dicontoh!

By July 13, 2021No Comments

Beberapa minggu yang lalu, kolaborasi antara Boyband Korea, BTS dengan waralaba makanan cepat saji MCD menggemparkan puluhan negara di dunia. 

Produk kolaborasinya sederhana, yaitu 1 paket makanan yang berisi  Sepuluh potong Chicken McNuggets; Kentang goreng ukuran sedang; Minuman ukuran sedang, dan  Sweet chili dan Cajun sauces yang dikembangkan di McDonald’s Korea. 

Hasilnya? McD di 50 negara termasuk Indonesia diserbu oleh penggemar BTS atau Army. 

Cara meningkatkan penjualan yang unik ini meninggalkan pelajaran bagi kita. Berikut 3 pelajaran strategi bisnis dan manajemen dari kolaborasi BTS x MCD!

  1. Branding Relevancy

McD adalah brand waralaba makanan cepat saji yang sudah mendunia. Sedangkan BTS merupakan brand Boyband yang sedang berada di puncak popularitas. 

Dengan menumpang popularitas BTS yang memiliki jutaan fans fanatik, McD mampu membangun strategi bisnis yang membuat brand makanannya tetap ngehits. 

Baca Juga :  3 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Aman dan Menguntungkan

Bahkan, pelanggan yang tidak mengerti BTS pun akan tertarik membeli produk ini karena ingin dianggap trendi. 

  1. Powerful Co-Branding

Seringkali kita melihat sebuah produk direkomendasikan oleh seorang yang terkenal dan mempunyai pengaruh. Akibatnya, produk tersebut memiliki lonjakan penjualan. 

BTS sendiri merupakan penyumbang Rp. 50 triliun bagi pertumbuhan ekonomi Korea Selatan dan memiliki pengaruh ke seluruh dunia.

Strategi bisnis yang tepat bagi McD untuk menjual produk BTS Meal dengan menggandeng BTS. Bahkan, sebenarnya McD bisa saja menjual apa saja asal ada nama BTS di dalamnya. 

  1. Target Sasaran yang tepat

Mcd x BTS menyasar pada fans BTS/Army yang rata-rata lahir antara 1997-2012 (gen z). Kelebihan generasi ini adalah mereka sangat fasih menggunakan media sosial dan internet. Hal ini termasuk ke strategi digital marketing terbaik, promosi dari mulut ke mulut. Jika dulu promosi dari mulut ke mulut dilakukan secara langsung, maka gen z lebih suka menyebarkannya melalui internet. 

Baca Juga :  Investasi Emas vs Investasi Saham, Mana yang Lebih Baik?

Dengan target sasaran yang kuat, penjualan BTS Meal meledak dan berhasil mendapat perhatian dari konsumen lain yang penasaran.

Selama Pandemi, McD juga meningkatkan bisnis online pengantaran makanannya melalui aplikasi mereka. Dengan adanya produk BTS Meal, penjualan mereka juga meningkat.  

Jadi bagaimana menurut Anda, apakah strategi bisnis McD x BTS sudah tepat? Apakah strategi bisnis ini bisa dimanfaatkan untuk bisnis Anda?

Leave a Reply