Insight

Cari Tahu Proses Penyusunan Rencana Strategis Di Sini!

By June 6, 2023No Comments
Cari Tahu Proses Penyusunan Rencana Strategis Di Sini!

Rencana strategis atau sering disebut renstra adalah salah satu elemen penting. Baik itu untuk pelaku bisnis sampai perusahaan. Namun untuk bisa membuatnya, Anda harus tahu proses penyusunan rencana strategis tersebut.

Karena dengan tahu prosesnya, bisa memungkinkan Anda untuk membuat rencana strategis lebih mudah. Lalu apa saja prosesnya? Xaham akan jelaskan di bawah ini.

Proses Penyusunan Rencana Strategis

Ada beberapa proses penyusunan rencana strategis yang harus Anda ketahui kalau ingin membuat renstra.

Berikut ini penjelasannya:

1. Analisa Posisi Strategis (Visi, Misi, Target)

Pertama, Anda harus menganalisa posisi strategis yang diperlukan untuk membuat renstra. Posisi yang kami maksud adalah beberapa komponen renstra yang harus ada, seperti berikut:

  • Visi
  • Misi
  • Target Perusahaan
  • Budaya Kerja
  • Core Value
  • SOP Perusahaan

2. Penentuan Orang yang Terlibat

Setelah Anda menentukan posisi strategis, sekarang silahkan tentukan orang yang akan terlibat dalam proses pembuatan renstra.

Misalnya kalau Anda ingin membuat renstra perusahaan, maka bisa libatkan manajer antar divisi. Contohnya seperti Manajer divisi keuangan, IT dan lainnya.

Baca Juga :  Pentingnya Pelayanan Prima untuk Bisnis dan Contohnya

3. Mengumpulkan Informasi

Lalu kumpulkan informasi dari yang Anda punya dan orang lain yang terlibat dalam pembuatan rencana strategis.

Hal ini penting untuk dilakukan supaya bisa menyatukan tujuan Anda sebagai ketua dan antar manajer divisi di perusahaan tersebut.

4. Gunakan Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat)

Supaya lebih terencana, Anda bisa pakai analisa SWOT. Karena dengan memakai analisis SWOT, semua data seperti kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman akan bisa diketahui.

Selain itu, adanya analisa ini bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan dan mencari solusi untuk mengatasi ancaman yang mungkin bisa terjadi di perusahaan.

5. Evaluasi Rencana Bisnis

Setelah informasi dan analisa SWOT berhasil dijabarkan, sekarang silahkan buat kesimpulan rencana strategis. Kemudian evaluasi kembali dengan Anda dan tim.

Pastikan semua rencana strategis yang sudah ada sesuai dengan kemampuan perusahaan, baik dari segi modal ataupun SDM.

6. Mulai Menerapkan Rencana Strategis

Jika rencana bisnis sudah sesuai, maka silahkan terapkan ke semua karyawan yang ada di perusahaan.

Baca Juga :  Tujuan dan Manfaat Evaluasi Pencapaian Rencana Strategis

Berikan arahan secara perlahan mengenai rencana strategis yang sudah dibuat. Lalu bagikan tugas ke semua karyawan untuk mencapai tujuan tersebut.

7. Memonitor Keberlangsungan Rencana Strategis

Anda dan tim harus memonitor rencana strategis yang sudah dibuat, apakah berjalan lancar atau tidak. karena kalau tidak dipantau, renstra yang telah dibuat akan menjadi tidak efektif.

8. Evaluasi Kembali Pada Waktu Tertentu

Disarankan untuk memiliki waktu untuk membahas rencana strategis, umumnya di waktu meeting. Sehingga hasil proses kelancaran rencana strategis berjalan sesuai atau tidak.

9. Revisi Kalau Diperlukan

Saat mengevaluasi, Anda dan tim juga bisa melakukan revisi atau pembaharuan rencana strategis bila diperlukan. Sehingga bisa tetap memiliki rencana strategis yang efektif dan lebih sesuai.

Nah itulah proses penyusunan rencana strategis yang bisa Anda terapkan. Semoga contoh renstra di atas bisa mempermudah Anda untuk membuatnya.

Kalau ingin membaca artikel bisnis lainnya, silahkan cek di Xaham. Terimakasih.

Leave a Reply