Insight

Ketahui Arti Rencana Strategis Perusahaan

By June 6, 2023No Comments
Ketahui Arti Rencana Strategis Perusahaan

Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel Xaham sebelumnya, kalau rencana strategis adalah sebuah laporan yang terdiri dari hasil analisa bisnis yang Anda kelola. Isinya mulai dari visi, misi, tujuan, sampai analisa SWOT untuk mengoptimalkan kelangsungan bisnis kedepannya. 

Ada juga rencana strategis perusahaan, lalu apa artinya? Nah kalau Anda ingin tahu artinya, bisa perhatikan penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Rencana Strategis Perusahaan?

Sesuai dengan namanya, rencana strategis perusahaan adalah sebuah kegiatan Anda bersama tim untuk menganalisa kondisi perusahaan kedepannya.

Ruang lingkupnya bisa lebih luas, karena akan menyangkut semua hal mulai dari bisnis hingga pemanfaatan sumber daya manusia yang tepat.

Adanya rencana strategis perusahaan, membuat setiap karyawan di perusahaan dapat mudah mengerti goals yang ingin dicapai.

Cara Membuat Rencana Strategis Perusahaan

Dalam pembuatan rencana strategis perusahaan, Anda harus memperhatikan beberapa elemen dasar yang ada.

Baca Juga :  Tips Mudah: Cara Menghitung Target Penjualan

Berikut ini cara membuat rencana strategis perusahaan dan elemen-elemen yang diperlukan:

1. Visi

Pemimpin perusahaan harus mengetahui Visi atau harapan dari perusahaan yang akan berjalan hingga 10 tahun kedepan. Visi ini juga harus ditekankan ke seluruh karyawan dan menjadi goals yang harus tercapai.

2. Misi

Selain Visi, pemimpin perusahaan juga harus menggambarkan Misi atau upaya yang diperlukan untuk mencapai Visi tersebut. Ibaratnya, Misi ini juga berarti sebagai langkah-langkah yang harus di terapkan ke seluruh karyawan supaya bisa mewujudkan goals perusahaan.

3. Core Value

Ada juga Core Value. Elemen ini berfungsi untuk membuat budaya kerja yang akan diikuti oleh semua karyawan Anda. Sehingga bisa mempermudahnya untuk menjalankan misi yang sudah ditentukan.

4. Analisa SWOT

SWOT adalah salah satu alat manajemen yang berfungsi untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

Kekuatan dan kelemahan biasanya mengacu ke masalah internal, seperti keuangan, human resource dan teknologi perusahaan. Sedangkan peluang dan ancaman biasanya mengacu ke masalah eksternal, seperti kondisi market, kompetitor pasar, tren industri dan lainnya.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Kebutuhan Pelanggan yang Wajib Diketahui

5. Tujuan Jangka Panjang dan Pendek

Lalu Anda juga harus memperhatikan tujuan jangka panjang dan pendek perusahaan. Tujuan jangka panjang di sini adalah goals yang ingin perusahaan dapatkan untuk tiga sampai lima tahun kedepan.

Sedangkan tujuan jangka pendek merupakan semacam evaluasi secara bertahap untuk memastikan tujuan jangka panjang berjalan lancar.

6. Rencana Aksi

Elemen ini berfungsi untuk menerapkan atau mengoperasikan tugas perusahaan untuk bisa mencapai goals yang perusahaan inginkan. Maka dari itu, pastikan perusahaan Anda memiliki staf dan karyawan yang hebat sesuai perannya masing-masing. Sekian arti dari rencana strategis perusahaan yang bisa Anda pahami. Kalau ingin tahu informasi bisnis lainnya, bisa cek di Xaham. Terimakasih.

Leave a Reply