Insight

Ini Dia Pengertian Rencana Strategis yang Harus Diketahui

By November 25, 2021No Comments

Pengertian rencana strategis sangat penting untuk Anda ketahui. Terutama kalau Anda ingin membuka bisnis atau mengelola perusahaan.

Lalu apa itu rencana strategis? Rencana strategis adalah sebuah laporan yang terdiri dari hasil analisa bisnis yang akan Anda kelola.

Adanya rencana strategis ini membuat Anda mudah menemukan target, mengambil keputusan dan memberlakukan sumber daya yang tepat.

Oleh sebab itu, rencana strategis ini sangat diperlukan. Baik itu untuk pelaku bisnis maupun perusahaan. Tujuannya sendiri supaya target yang Anda inginkan lebih terencana sehingga lebih mudah untuk tercapai.

Pengertian Rencana Strategis Menurut Para Ahli

Karena memiliki manfaat yang cukup banyak, membuat para ahli juga memiliki pendapat mengenai rencana strategis ini.

Berikut pengertian rencana strategis menurut para ahli:

1. Menurut Lorange

Menurut Lorange pada tahun 1980, rencana strategis secara umum berhubungan dengan manajemen perubahan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan yang di maksud berisi beberapa proses dari inovasi yang merubah perusahaan.

Baca Juga :  3 Strategi Bisnis Khusus Untuk Usaha Kuliner!

Menurutnya kalau rencana strategi tidak mendukung inovasi dan perubahan sesuai zaman, maka itu akan menjadi kegagalan perusahaan tersebut.

2. Menurut Kerzner

Sedangkan menurut Kerzner di tahun 2001, rencana strategis adalah sebuah management tools yang berfungsi untuk mengelola kondisi sekarang untuk membuat rancangan proyeksi di masa depan.

Sehingga rencana strategis ini akan menjadi sebuah pedoman yang bisa dipakai organisasi perusahaan mulai dari ditetapkannya sampai 5 hingga 10 tahun ke depan.

3. Menurut Wikipedia

Terakhir, menurut Wikipedia rencana strategis merupakan proses yang dibuat oleh organisasi perusahaan untuk menentukan strategi. Sehingga mereka bisa mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang dimiliki.

Sumber daya yang di maksud, seperti modal dan sumber daya manusia yang Anda perlukan untuk mencapai target perusahaan.

Baca Juga :  5 Langkah Mudah Membeli Saham

Penentuan Tahapan Rencana Strategis

Nah, kalau Anda sudah tahu pentingnya rencana strategis, sebaiknya mulai pelajari lebih dulu beberapa tahapan pembuatannya.

Namun kalau kurang mengerti, berikut ini Xaham akan menjelaskan tahapan dalam penyusunan rencana strategis:

  • Menentukan posisi strategis yang tepat
  • Mengidentifikasi tujuan atau target yang ingin perusahaan capai
  • Perluas informasi untuk mengembangkan rencana strategis
  • Mulai terapkan rencana strategis
  • Monitor dan revisi rencana bila diperlukan

Dengan memperhatikan tahapan di atas, sekarang Anda sudah bisa membuat rencana strategis sendiri.

Sekian pembahasan mengenai pengertian rencana strategis yang bisa Anda pahami. Kalau ingin tahu informasi artikel bisnis lainnya, silahkan kunjungi Xaham. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply