Investasi

Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Properti

By October 14, 2021No Comments

Investasi properti adalah salah satu jenis investasi dambaan banyak orang. Seiring dengan berjalannya waktu, tanah semakin terbatas dan harganya semakin tinggi. Namun, tidak semua jenis investasi properti menguntungkan. Anda justru harus memiliki kewaspadaan tinggi pada saat berinvestasi properti karena ia melibatkan uang dalam jumlah yang besar. Sebelum membeli properti, perhatikan terlebih dahulu hal-hal ini:

Reputasi Pengembang

Penting untuk memperhatikan reputasi pengembang sebelum membeli properti. Pasalnya, akan ada banyak masalah yang datang dari pengembang yang tidak kredibel seperti misalnya masalah perizinan, pengembangan jalan, surat-menyurat, dan lain sebagainya. Cari reputasi pengembang di Internet sebelum memutuskan untuk membeli sebuah properti. Lihat apakah pengembang tersebut banyak mendapatkan komplain dari pelanggan dan lihat riwayat proyek-proyek yang pernah dikerjakan oleh pengembang.

Baca Juga :  Tips dan Trik Memulai Investasi Saham

Lokasi

Lokasi adalah elemen terpenting yang harus anda perhatikan betul-betul pada saat akan membeli rumah. Pastikan bahwa properti yang akan anda beli terletak di lokasi yang strategis, mudah dijangkau oleh berbagai moda transportasi, dekat dengan sarana prasarana dan juga tidak rentan banjir atau bencana alam lainnya. Lokasi yang strategis dan juga ideal akan mempermudah Anda untuk menjual kembali properti tersebut atau menyewakannya untuk berbagai keperluan.

Biaya Perawatan

Jika Anda berinvestasi properti seperti apartemen misalnya, Anda harus memikirkan biaya lain yang harus Anda bayar setiap bulannya. Biaya-biaya itu antara lain adalah biaya kebersihan, biaya air, dan sebagainya. Pada saat akan menyewakan properti tersebut, biaya-biaya itu harus dihitung.

Rencana untuk berinvestasi properti adalah hal yang baik. Namun, pola investasi yang paling aman dan menguntungkan adalah diversifikasi. Selain berinvestasi properti dan deposito misalnya, Anda juga dapat berinvestasi di bidang lain yang lebih menghasilkan seperti saham misalnya.

Baca Juga :  Mitos dan Fakta Seputar Investasi

Investasi saham adalah investasi yang dapat menghasilkan income tinggi. Dengan ilmu saham yang cukup dan platform tepercaya seperti xaham.id, Anda dapat berinvestasi saham secara aman tanpa khawatir adanya fraud. Xaham.id adalah platform crowdfunding saham yang mempertemukan penjual, pembeli, dan penerbit di satu tempat untuk keuntungan bersama. Platform ini telah terdaftar di OJK dengan nomor POJK.57/2020 sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dengan legalitas dari platform ini.

Tetap kritis dan berhati-hati dalam berinvestasi. Pilih platform yang tepat untuk investasi saham dan investasi lain yang terbaik dan menguntungkan.

Leave a Reply