Insight

3 Investasi dengan Return Tinggi di Tahun 2021

By August 16, 2021No Comments

Investasi bisa menjadi jalan untuk memiliki penghasilan tambahan dan meningkatkan pundi-pundi uang. Karenanya, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis pendanaan agar Anda bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Ada banyak jenis pendanaan yang menawarkan mekanisme, keuntungan, dan risiko berbeda-beda. Sebagai referensi, berikut 3 investasi dengan return tinggi di tahun 2021:

  1. Investasi saham

Saham merupakan dokumen berharga yang menjadi bukti kepemilikan bagian modal dari suatu perusahaan. Dengan demikian, jika seseorang membeli saham salah satu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), maka dia berhak atas aset mau pun pendapatan perusahaan tersebut.

Porsi kepemilikan seseorang atas perusahaan, tergantung pada jumlah pendanaan yang ditanamkan. Semakin besar penanaman modal Anda, semakin besar pula saham yang dimiliki.

Berinvestasi dalam bentuk saham memiliki dua keuntungan, antara lain:

  • Dividen, yaitu keuntungan yang berasal dari laba perusahaan.
  • Capital gain, yaitu keuntungan yang dihitung dari selisih harga beli dan harga jual saham.
  1. Investasi Obligasi
Baca Juga :  Kolaborasi BTS MCD, Strategi Bisnis Renyah yang Wajib Dicontoh!

Selain saham, obligasi merupakan instrumen pendanaan yang juga diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ada banyak pilihan produk obligasi atau surat utang di BEI, antara lain:

  • Obligasi Korporasi, merupakan surat utang yang berasal dari BUMN, BUMD, maupun perusahaan swasta.
  • Efek Beragun Aset (EBA) merupakan efek instrumen yang tergolong surat utang dengan dasar penerbitan underlying asset.
  • Surat Berharga Negara (SBN), berupa Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).
  • Sukuk, instrumen syariah yang berupa Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Jika Anda menginginkan penanaman modal berbasis Islam, sukuk bisa jadi pilihan.

Keuntungan berinvestasi menggunakan obligasi, antara lain:

  • Penjualan obligasi di pasar sekunder bisa memberikan capital gain.
  • Di pasar sekunder, pilihan serinya lebih beragam.
  • Dibanding saham, risiko obligasi lebih rendah.
  • Pemberian kupon/fee/nisbah rata-rata nilainya di atas bunga deposito dan diberikan secara periodik.
  1. Investasi Properti
Baca Juga :  4 Rekomendasi Bisnis Online yang Sesuai untuk Milenial

Merupakan instrumen pendanaan yang nilainya cenderung naik dari waktu ke waktu. Demand yang tinggi akan berdampak pada harga properti yang terus naik. Keuntungan yang Anda dapatkan juga ikut meningkat. Jika Anda memiliki aset properti berupa rumah, manfaatkan aset tersebut untuk usaha, kos-kosan, atau disewakan. 

Jika Anda menginginkan pendanaan yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha, hubungi Xaham.id. Kami akan membantu menghubungkan Anda dengan pemodal untuk menumbuh-kembangkan usaha agar lebih maju, kuat, dan sehat secara bersama-sama.

Xaham.id merupakan financial technology urun dana yang telah ada di bawah peraturan OJK (POJK.57/2020). Xaham.id akan membantu Anda bertransaksi jual-beli saham secara elektronik. Investasi Anda jadi lebih mudah bersama Xaham.id.

Leave a Reply