Investasi

5 Pantangan yang Tidak Boleh Dilakukan Investor Saham

By August 18, 2021No Comments

Saham menjadi topik yang sering dibicarakan akhir-akhir ini. Tak sedikit media sosial ataupun podcast yang hadir khusus untuk membahas perihal instrumen investasi ini. Hal ini sangat diminati dikarenakan pada era generasi milenial saat ini, hampir dapat dipastikan lebih melek finansial daripada generasi sebelumnya. Tetapi tingginya arus informasi dan keinginan untuk segera memulai berinvestasi saham, membuat sebagian orang membuat kesalahan kesalahan mendasar dalam sehingga bukan keuntungan yang didapat melainkan justru sebaliknya. 

Jika Anda ingin berinvestasi saham, pastikan Anda menghindari 5 pantangan berikut:

  1. Jangan Beli Saham Rekomendasi 

Telaah baik-baik pilihan saham Anda. Jangan membeli saham hanya karena hal tersebut direkomendasikan. Berfikirlah bahwa ini uang Anda, ini pilihan Anda, dan jelas ini risiko yang Anda telah pahami. 

  1. Jangan Menyesali Harga yang Jatuh

Menurut Warren Buffett, investor tersukses di dunia, seorang investor tidak boleh menyesali harga saham yang jatuh. Jika Anda yakin telah membeli saham dari perusahaan yang bagus, maka yakini bahwa sahamnya cepat atau lambat akan naik kembali. Bahkan Warren Buffett akan membeli saham lagi pada perusahaan tersebut disaat nilai sahamnya turun, karena dia yakin saham tersebut akan naik kembali, dan dirinya akan semakin untung.

  1. Jangan Memilih Saham “Gorengan”

Saham gorengan adalah saham yang telah dimainkan oleh bandar. Ciri-ciri dari saham gorengan adalah fluktuasinya yang tanpa pola, terkadang naik pada satu pekan dan turun signifikan pada pekan berikutnya. Kenaikan dari saham gorengan biasanya tidak dibarengi oleh laporan keuangan yang baik. Saham hanya naik disaat dimainkan oleh bandarnya. Jadi jangan tertipu.

  1. Jangan Menggunakan Uang Hutang

Uang hutang haram hukumnya digunakan untuk berinvestasi. Alasannya sangat logis, dalam berinvestasi saham resiko penurunan harga saham mungkin akan Anda temui. Jika yang Anda gunakan untuk berinvestasi adalah saham hutang maka Anda akan mengalami kerugian ganda. Hal ini pun termasuk pada transaksi margin, dimana Anda dapat “Meminjam” uang dari sekuritas dengan bunga. Jadi sebaiknya Anda menggunakan uang yang betul-betul disediakan pada pos keuangan investasi. 

  1. Jangan Berinvestasi Bitcoin dalam Waktu Lama

Kenapa tidak boleh? menurut Warren Buffet menyimpan uang pada Bitcoin dalam waktu yang lama tidak diperkenankan karena Bitcoin bukanlah mata uang sebenarnya. Bitcoin juga bukan alat tukar yang tahan lama. Jadi menyimpan uang pada Bitcoin akan sangat spekulatif. 

Berikut pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan investor saham. Meskipun sekarang ini jual-beli saham sudah sangat mudah, namun Anda harus tetap berhati-hati dalam menginvestasikan uang Anda. Perhatikan batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Selamat mencoba! Jangan lupa berlangganan newsletter dari xaham.id agar tidak ketinggalan berita seputar saham dan investasi lainnya.

Leave a Reply