company

Penjualan Terhambat? Begini Cara Meningkatkan Penjualan Secara Online

By August 19, 2021No Comments

Sebagai pengusaha, mengalami penjualan yang menurun adalah hal yang mengkhawatirkan. Banyak modal yang digelontorkan untuk menutupi beberapa kerugian.

Berikut ini cara meningkatkan penjualan dan memaksimalkan keuntungan.

Fokus pada Kualitas

Walaupun omset sedang menurut, bukan berarti Anda bisa menurunkan kualitas produk. Kualitas produk adalah aset yang membuat bisnis berjalan. Pertahankan atau tingkatkan kualitas agar pelanggan terus membeli dari Anda. Jika ada peningkatan kualitas, jangan segan-segan membagikan info tersebut ke pelanggan melalui media sosial.

Tingkatkan Pelayanan

Konsumen akan merasa dihargai ketika mendapatkan pelayanan yang baik. Dengan begitu, mereka tidak akan berpikir panjang untuk membeli lagi dari toko Anda. Gunakan kata-kata yang baik setiap menjawab pertanyaan pelanggan. Pilihlah admin yang khusus untuk menangani hal tersebut.

Berikan Promosi Menarik

Kata “promosi” sering dianggap sebagai hal yang tidak boleh dilewatkan oleh pelanggan. Oleh karena itu, kenapa tidak melakukan promosi untuk meningkatkan omset penjualan? 

Pastikan promosi tersebut juga dapat menarik pelanggan baru sekaligus menjaga pelanggan tetap. Lakukan promosi menarik, seperti memberikan potongan harga dengan batas waktu. Hal ini mengusung konsep FOMO (Fear of Missing Out) di mana pelanggan akan merasa rugi jika tidak mengambil promosi tersebut. Dengan begitu, mereka akan segera membeli produk Anda sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Bundling Produk

Cara meningkatkan penjualan berikutnya adalah dengan bundling produk. Hal ini berarti meletakkan beberapa produk sekaligus dalam satu produk dan menurunkan harganya. Misalnya, Anda meletakkan beberapa produk keperluan rumah tangga dalam satu wadah. Cara ini terbukti ampuh dalam meningkatkan penjualan. Pasalnya, pelanggan akan langsung menemukan banyak hal yang dibutuhkan dalam satu waktu.

Memberikan Garansi

Banyak orang urung membeli karena ragu terhadap produk yang Anda jual. Untuk mengatasi hal ini, berikan garansi. Dengan garansi ini, Anda boleh menaikkan harga atas fasilitas tersebut. Dengan begitu, pelanggan akan merasa aman dan membeli produk Anda walaupun dengan harga berbeda.

Untuk menanggulangi kerugian ketika terjadi kemerosotan penjualan, selain memahami cara meningkatkan penjualan, Anda juga perlu mencoba Xaham.id.

Xaham.id adalah financial technology urun dana yang telah ada di bawah peraturan OJK (POJK.57/2020). Xaham.id mempertemukan pemodal dengan penerbit untuk saling bertransaksi jual-beli saham secara elektronik. Tak hanya itu, kami juga menghubungkan banyak pemodal dengan perusahaan lokal berkualitas yang sedang mencari pendanaan untuk menumbuhkembangkan usahanya agar lebih maju, kuat, dan sehat bersama-sama.

Leave a Reply