company

5 Strategi Bisnis Mengembangkan UMKM untuk Menghadapi Pasar Global

By July 28, 2021No Comments

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) saat ini menjadi salah satu tiang perekonomian Indonesia. Bahkan, saat krisis moneter yang terjadi pada 1997 silam, UMKM malah menjadi penyelamat negara dan penggerak ekonomi. 

Saat ini, UMKM menjadi pilihan terbaik untuk memulihkan perekonomian setelah digempur oleh pandemi. Dengan fleksibilitas dan kemudahan, bisnis UMKM yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga maupun badan usaha kecil mampu bersaing. 

Khusus untuk Anda, kami berikan 5 strategi bisnis dan cara meningkatkan penjualan yang harus dimiliki UMKM supaya dapat bertahan!

Strategi Pemasaran ada berbagai macam, berikut kami berikan strategi pemasaran taktis yang terdiri dari product (Produk), Price (Harga), Place (tempat), Promotion (promosi) dan People (manusia). 

  1. Produk

Sebelum memulai UMKM, ada baiknya Anda menentukan produk utama sebelum menjalankan bisnis. Produk terbaik adalah produk yang diinginkan para konsumen yang kita bidik. Karena itu, akan lebih baik jika sebelumnya Anda melakukan riset tentang pasar yang akan Anda jadikan sasaran dan cara meningkatkan penjualan terbaik. 

Setelah itu, fokus pada produk barang atau jasa yang akan Anda jual. Apa yang membuat produk Anda layak jual? Apa kelebihan yang ditawarkannya dan apakah yang membuat produk Anda dibutuhkan banyak orang?

Sebagai contoh, jika Anda berjualan ayam goreng, pastikan produk tersebut memiliki rasa yang lebih enak, memiliki saus yang segar dan enak serta mempunyai variasi rasa yang menarik. 

  1. Harga

Strategi bisnis kedua adalah menentukan harga yang tepat untuk produk Anda. 

  1. Pertama, hitung total biaya yang Anda keluarkan selama produksi berjalan. 
  2. Setelah itu, tambahkan sekitar 30% dari biaya produksi untuk keuntungan penjualan produk tersebut. 
  3. Bandingkan dengan kompetitor. Salah satu cara meningkatkan penjualan  adalah dengan menentukan harga dibawah kompetitor dengan kualitas sama atau lebih bagus. 
  1. Tempat

Strategi berikutnya adalah dengan menentukan tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Pastikan pas dengan target pasar Anda dan mudah menarik perhatian. Namun, di masa pandemi seperti ini, bisnis online dan marketplace yang tepat akan membantu bisnis UMKM Anda menjangkau pasar yang tepat. 

  1. Promosi

Strategi bisnis ini bertujuan untuk mengenalkan produk Anda pada konsumen. Karena itu, pastikan Anda melakukan riset untuk mengetahui calon konsumen potensial yang akan membeli produk tersebut. Kemudian, pilih media promosi, bisa melalui media offline maupun media online melalui digital marketing

  1. Manusia

Strategi bisnis yang terakhir adalah memilih Sumber Daya Manusia yang dapat menghasilkan produk serta pelayanan terbaik bagi calon konsumen. Seleksi karyawan UMKM Anda dari keahlian yang mereka miliki dan jangan lupa kemampuan untuk manajemen keuangan yang baik. 

Bagaimana menurut Anda? Apakah bisnis UMKM Anda sudah menjalankan Strategi Bisnis tersebut? Semoga bisnis UMKM Anda mampu berkembang ke tingkat global!

Leave a Reply