Tips

7 Tips dan Strategi Mencapai Target Penjualan

By October 21, 2021No Comments

Memenuhi target penjualan tahunan adalah tujuan dari setiap bisnis. Tetapi tidak semua proses berjalan sesuai rencana. Kunci untuk mengatasi rintangan ini adalah menerapkan strategi mencapai target penjualan.

Untuk mencapai target penjualan, ada tujuh strategi penjualan yang perlu Anda terapkan. Apa saja tujuh strategi tersebut?

1. Terapkan Metode S.M.A.R.T

Metode ini adalah salah satu strategi pemasaran untuk mencapai target. SMART adalah anagram dari Specific, Measurable, Attainable, Realistic dan Time Bounded.

Specific berarti target penjualan harus punya dasar pencapaian yang detail, jelas dan spesifik.

Measurable berarti target penjualan harus dapat diukur dengan mudah.

Attainable berarti Anda harus yakin bahwa Anda mampu meraih target penjualan yang sudah Anda tentukan.

Realistic berarti target penjualan harus realistis.

Lalu, time bounded berarti target penjualan wajib memiliki tenggat waktu. Kapan target itu akan tercapai.

Dengan menerapkan metode S.M.A.R.T, maka akan mempermudah strategi mencapai target penjualan Anda.

2. Tingkatkan Tingkat Closing Anda

Semakin baik tingkat closing Anda, semakin sedikit prospek baru yang Anda butuhkan dan semakin cepat Anda mencapai sasaran penjualan. Jika kurang dari 50%, cari cara untuk memperbaikinya. Inilah salah satu cara mencapai target penjualan.

3. Capai Target Penjualan melalui Manajemen Inventaris

Strategi mencapai target penjualan yang sederhana adalah selami lebih dalam inventaris Anda dan identifikasi volume produk yang ditinggalkan untuk setiap kategori dan subkategori.

4. Gunakan Kekuatan Media Sosial

Media sosial adalah strategi mencapai target penjualan yang terbilang sangat ampuh. Media sosial mendorong bisnis Anda dalam hal pemasaran melalui permainan konten, desain, gambar, video, dan copywriting yang menarik.

Selain itu, media sosial memiliki potensi untuk menjalin interaksi dengan customer Anda secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga media sosial dapat menjadi salah satu alat dalam strategi pemasaran Anda.

5. Gunakan Merchandising Visual

Kekuatan visual merchandising sangat penting dalam strategi mencapai target penjualan. Terutama di situs e-commerce.

Ledakan belanja online baru-baru ini menawarkan kesempatan bagi pengecer untuk bereksperimen dengan merchandising visual.

Dengan menampilkan setiap gambar produk sesuai dengan tema yang tertata dengan baik akan mendorong konsumen untuk melihat-lihat lebih lama. Sehingga dapat mengarah ke peluang konversi yang lebih tinggi.

6. Gunakan Promosi melalui Referral Code dan Redeem Voucher

Strategi mencapai target penjualan lainnya adalah dengan memberikan promo kode. Ada dua jenis promo di sini.

Pertama, referral code. Yakni salah satu strategi marketing saat ada seseorang memasukkan referral code, maka pihak aplikasi akan memberi keuntungan tertentu.

Misal, saat Anda kali pertama mendaftar aplikasi marketplace online. Anda mendapat referral code berupa 10XDCRT, lalu Anda masukkan ke dalam kolom kode promosi.

Lalu selanjutnya Anda mendapat keuntungan berupa potongan diskon 100 ribu di transaksi belanja pertama Anda.

Kedua, redeem voucher. Yakni bentuk penukaran voucher dengan suatu barang yang nilainya sama dengan jumlah voucher.

Contoh, Anda mendapat voucher belanja di supermarket tertentu senilai 1 juta rupiah. Voucher itu hanya bisa Anda belanjakan di supermarket yang dimaksud dan tidak dapat diuangkan.

Strategi mencapai target penjualan ini memiliki peluang rasio konversi yang cukup tinggi.

7. Tetapkan Target Penjualan Baru

Menetapkan target penjualan seringkali terabaikan, padahal ini adalah strategi mencapai target penjualan yang perlu Anda lakukan.

Saat merencanakan target penjualan Anda berikutnya, pastikan target tersebut realistis, tepat waktu, dan spesifik. Dengan cara ini, Anda akan dapat mengukur situasi saat ini dan menentukan langkah selanjutnya. Faktor umum yang perlu dipertimbangkan adalah:

Data penjualan historis: bagaimana kinerja merek Anda selama bertahun-tahun?

Promosi produk atau aktivasi pemasaran: promosi apa yang berkinerja terbaik (atau terburuk)?

Itu tadi tujuh strategi mencapai target penjualan. Selamat menerapkannya ke bisnis Anda. Jangan lupa untuk terus mengembangkan diri Anda untuk proses pencapaian target penjualan.

Pengembangan diri dapat Anda lakukan secara efisien dengan membaca. Salah satunya membaca artikel menarik dan insightful di https://xaham.id/blog/.

Banyak artikel seputar bisnis, pemasaran, penjualan, dan lainnya untuk menunjang pengetahuan Anda.

Leave a Reply