Insight

4 Dampak Positif Pentingnya Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis

By October 14, 2021No Comments

Kepuasan pelanggan menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis. Pelanggan yang puas akan memberikan dampak yang positif untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Seperti pepatah lama, pelanggan adalah raja. Hal ini memang benar, karena kunci utama bisnis menjadi maju dan sukses adalah pelanggan. Oleh karena itu, kepuasan dari pelanggan harus Anda perhatikan.

Kepuasan pelanggan dapat kita bedakan menjadi dua yaitu kepuasan terhadap produk atau jasa dan kepuasan terhadap layanan. Kedua jenis kepuasan ini harus Anda jaga dan tingkatkan.

Seperti yang sudah disebutkan, kepuasan pelanggan akan berdampak positif terhadap bisnis Anda. Adapun dampak positif pelanggan yang puas di antaranya yaitu:

  1. Pelanggan akan Loyal dan Melakukan Pembelian Ulang

Dampak positif yang pertama adalah Anda akan mendapatkan pelanggan yang loyal. Pelanggan yang puas akan selalu membeli produk atau menggunakan jasa Anda. 

Tentunya mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan melakukan pembelian ulang. Hal ini tentunya sangat bagus untuk perkembangan bisnis Anda.

  1. Meningkatkan Promosi dengan Cara Word of Mouth

Tidak hanya akan menjadi pelanggan yang loyal saja, pelanggan yang merasa puas akan memberitahukan kepada orang lain. Promosi word of mouth atau dari mulut ke mulut pelanggan bisa berjalan. Anda tidak perlu membayar biaya promosi lebih jika pelanggan merasa puas dan melakukan hal ini.

  1. Pelanggan Semakin Bertambah

Karena Anda mendapatkan pelanggan yang loyal dan melakukan promosi secara mulut ke mulut maka pelanggan Anda akan semakin bertambah. Pelanggan yang bertambah tentunya akan melancarkan bisnis Anda bukan? Tentunya hal ini akan berdampak baik untuk kesuksesan bisnis Anda.

  1. Peluang Pengembangan Bisnis Semakin Besar

Dampak lainnya dengan puasnya pelanggan adalah peluang penggembangan bisnis semakin besar. Pelanggan yang semakin bertambah dan merasa puas akan memudahkan Anda untuk membuka cabang di tempat lain.

Jadi apakah Anda akan mengabaikan kepuasan pelanggan? Tentu saja tidak bukan? Pelanggan yang puas akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap bisnis Anda.

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda harus mengukurnya secara tepat dengan indikator yang benar. Anda bisa cek di sini untuk tahu apa saja indikator kepuasan pelanggan. Semua indikator kepuasan pelanggan ini sudah kami terapkan di Xaham.id dan hasilnya semua pelanggan puas.

Leave a Reply